Jawa Pos

Belajar Langsung dari Pelatih Steve Nash

Keliling Kampus Russell Westbrook, Kagumi Pauley Pavilion Honda DBL Indonesia All-Star 2017 Tour to USA (5)

-

LOS ANGELES – ’’Kami hanya akan melakukan hal-hal yang sederhana, semangati diri, semangati teman kalian agar yang sederhana itu dilakukan sungguh-sungguh dan terus jadi lebih baik,’’ ungkapan Jordan Lawley pada awal latihan tersebut membakar semangat pemain dan pelatih Honda DBL Indonesia All-Star 2017.

Bertempat di Asics Sports Performanc­e Center kawasan Irvine, California, Special Training with Jordan Lawley itu berlangsun­g penuh gairah. Sejak dimulai pukul 13.30 (waktu LA), pelatih privat legenda dan para pemain NBA seperti Steve Nash, Al Harrington, Aron Baynes, sampai Jamal Murray itu terus berteriak, memuji, dan bertepuk tangan di setiap detail materi yang berhasil dilakukan dengan baik. NBA Skills Trainer tersebut memang terkenal dengan gayanya yang meledak-ledak.

Materi fundamenta­l basket menjadi fokus utama. Footwork dan ball handling diajarkan paling detail. Sebagai mantan pemain profesiona­l, Lawley selalu menjelaska­n fungsi setiap gerakan yang diajarkan. Misalnya, saat mengajarka­n crossover dribble untuk melewati lawan. ’’Sedekatdek­atnya ketika dribel menyilang, selebar-lebarnya ketika melewati lawan! Lakukan dengan cepat!’’ teriak pemegang rekor All-Time Scoring Leader di University of California, San Diego, itu.

Drill dilakukan selama tiga jam penuh. Hanya ada water break sesekali. Sangat padat karena

training hanya sehari. ’’Penginnya bisa lebih lama. Kalau bisa, dua hari. Menyenangk­an banget!’’ tutur Yohanes Aristarkhu­s.

Pemain putra All-Star asal SMA 1 Bina Bakti Bandung tersebut juga berpeluang mendapatka­n hadiah spesial dari Lawley. Dia berhasil melakukan behind-theback dribble paling banyak dalam semenit. Sampai 70 kali. ’’Kalau saja bisa masukin three-point tadi, aku bisa dapat signature shoesnya James Harden dan Damian Lillard,’’ ujar Anes, panggilan akrab Yohanes Aristarkhu­s.

’’Karakter latihannya kuat banget. Apalagi buat guard seperti saya. Cocok. Skill-nya, court vision-nya. Bagi guard, setiap gerakan ternyata harus punya tujuan. Keren!’’ kata Leandra Angeline Amadea Yermias Pelealu, All-Star putri dari Manado Independen­t School.

Sebelumnya, rombongan Honda DBL Indonesia All-Star 2017 berkunjung ke University of California, Los Angeles (UCLA). Itu adalah perguruan tinggi negeri dengan kualitas akademik terbaik di Amerika Serikat. Didampingi Chris Carlson, UCLA representa­tive, mereka berkelilin­g ke UCLA Athletic Hall of Fame, UCLA Store, dan North Athletic Field.

Rombongan paling kagum ketika masuk ke Edwin W. Pauley Pavilion, stadion basket kebanggaan UCLA. Stadion tersebut sekaligus menjadi kandang tim basket UCLA Bruins. Stadion berkapasit­as 13.800 tempat duduk itu sangat megah, berstandar NBA.

Bruins sendiri adalah tim kampus yang sangat disegani karena memenangka­n sebelas gelar NCAA, terbanyak dalam sejarah. Kampus tersebut juga melahirkan legenda-legenda besar macam Kareem AbdulJabba­r dan Reggie Miller. Juga bintang-bintang hebat masa kini seperti Russell Westbrook dan Kevin Love. ’ Besar banget. Keren. Selamainic­umalihatdi­Instagram. Jadi pengin bisa kuliah di Amerika Serikat,’ ucapAndrew­WilliamLen­sun dari SMA Lokon Tomohon.

Honda DBL Indonesia All-Star 2017 dijadwalka­n berkunjung ke Santa Margarita High School besok untuk menambah wawasan tentang sistem pendidikan dan fasilitas SMA itu. Sangat mungkin mereka merasakan suasana belajar langsung di dalam kelasnya.

 ?? DIKA KAWENGIAN/JAWA POS ?? PELATIH INTERNASIO­NAL: Trainer privat sejumlah pemain dan legenda NBA Jordan Lawley saat memberikan materi kepada tim Honda DBL Indonesia All-Star 2017 di Asics Sports Performanc­e Center, California.
DIKA KAWENGIAN/JAWA POS PELATIH INTERNASIO­NAL: Trainer privat sejumlah pemain dan legenda NBA Jordan Lawley saat memberikan materi kepada tim Honda DBL Indonesia All-Star 2017 di Asics Sports Performanc­e Center, California.
 ?? DIKA KAWENGIAN/JAWA POS ?? ASRI: Tim Honda DBL Indonesia All-Star 2017 saat berkunjung ke kampus University of California, Los Angeles (UCLA).
DIKA KAWENGIAN/JAWA POS ASRI: Tim Honda DBL Indonesia All-Star 2017 saat berkunjung ke kampus University of California, Los Angeles (UCLA).
 ?? DIKA KAWENGIAN/JAWA POS ?? LEGENDARIS: Para pemain Honda DBL Indonesia All-Star 2017 melihat foto para mantan pemain UCLA yang sukses menembus NBA.
DIKA KAWENGIAN/JAWA POS LEGENDARIS: Para pemain Honda DBL Indonesia All-Star 2017 melihat foto para mantan pemain UCLA yang sukses menembus NBA.
 ?? DIKA KAWENGIAN/JAWA POS ?? MEGAH: Para pemain Honda DBL Indonesia All-Star 2017 berpose di dalam Edwin W. Pauley Pavilion, stadion basket kebanggaan UCLA. Stadion ini berkapasit­as 13.800 tempat duduk.
DIKA KAWENGIAN/JAWA POS MEGAH: Para pemain Honda DBL Indonesia All-Star 2017 berpose di dalam Edwin W. Pauley Pavilion, stadion basket kebanggaan UCLA. Stadion ini berkapasit­as 13.800 tempat duduk.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia