Jawa Pos

Simulasi Pengawalan Paslon Pilgub

-

SIDOARJO – GOR Delta Sidoarjo didatangi puluhan polisi kemarin (8/2). Mereka tidak hendak melakukan penertiban atau razia. Tetapi, mengadakan geladi pengawalan dan pengamanan menjelang pemilihan gubernur (pilgub). Simulasi itu diadakan agar pengamanan kelak bisa maksimal.

Kasatlanta­s Polresta Sidoarjo Kompol Dhyno Indra Setyadi memimpin simulasi tersebut. Yang dikedepank­an dalam latihan itu adalah fungi personel lalu lintas. Setelah memimpin apel, dia meminta anggota mulai menjalanka­n peran masing-masing.

Belasan personel kemudian berjalan ke utara untuk mengambil tempat. Mereka berperan sebagai warga yang kontra dengan salah satu pasangan calon (paslon) cagub-cawagub. ”Geladi hari ini melatihkes­iapansatga­spatrolipe­ngawalan dan parkir,” ujar Dhyno.

Menurut dia, pengawalan paslon yang melakukan kunjungan ke wilayah tidak akan berjalan mudah ketika situasi memanas. Jadi, dibutuhkan kecermatan anggota patroli pengawalan (patwal) yang sedang bertugas. Mereka tidak hanya harus mahir mengemudi. Tetapi, juga melakukan negosiasi dengan massa. ”Bisa jadi rombongan paslon dihadang di jalan,” ucapnya.

Lulusan Akpol 2005 itu menjelaska­n, situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) sejauh ini masih baik. Namun, bukan berarti polisi bisa berlehaleh­a. Sebab, perubahan kondisi dapat terjadi dalam kurun waktu singkat. ”Jadi, perlu latihan agar siap menghadapi segala kemungkina­n,” ucapnya.

 ?? EDI SUDRAJAT/JAWA POS ?? LATIHAN: Beberapa polisi yang berperan sebagai massa yang kontra dengan paslon menghadang petugas.
EDI SUDRAJAT/JAWA POS LATIHAN: Beberapa polisi yang berperan sebagai massa yang kontra dengan paslon menghadang petugas.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia