Jawa Pos

Tol dengan Tunnel 8,95 Km

Jokowi Resmikan Pembanguna­n Tol Padang– Pekanbaru

-

PADANG – Sumatera Barat (Sumbar) segera memiliki jalan tol. Kemarin (9/2) Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi memulai pembanguna­n jalan tol Padang– Pekanbaru. Tol itu istimewa karena memiliki terowongan sepanjang 8,95 kilometer. Tunnel tol terpanjang di Indonesia.

Total, tol tersebut akan memiliki panjang 255 km

Kementeria­n Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetka­n proyek senilai Rp 78,095 triliun itu selesai dalam lima tahun.

Menurut Jokowi, pembanguna­n tol Padang–Pek-anbaru penting. Selain untuk mengurai kemacetan, tol tersebut penting untuk efisiensi mobilitas barang maupun orang. Sebelumnya waktu tempuh dari Padang ke Pekanbaru paling cepat 9 jam, nanti hanya 2,5 jam. ”Tapi, yang lebih penting lagi, ada Pelabuhan Teluk Bayur (Sumbar) dan Pelabuhan Dumai (Riau),” kata presiden.

Keberadaan tol dan dua pelabuhan tersebut akan meningkatk­an daya saing produk dari Sumbar dan Riau. Industri pariwisata pun akan terakseler­asi dengan keberadaan tol itu.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljon­o menjelaska­n bahwa tol Padang–Pek-anbaru termasuk rangkaian tol trans-Sumatera. Seluruh pengerjaan fisiknya digarap PT Hutama Karya.

Soal terowongan yang begitu panjang, jelas Basuki, hal itu diperlukan untuk melintasi ka- wasan Pegunungan Bukit Barisan yang medannya sangat berat. Bila tidak menggunaka­n terowongan, rute akan lebih panjang 11 km. Selain itu, medan yang berat akan rawan kecelakaan. ”Bukit Barisan kalau nggak pakai tunnel rusak alam,” ucapnya.

Alumnus Universita­s Gadjah Mada (UGM) tersebut menerangka­n, tunnel itu bakal menjadi terowongan terpanjang di Indonesia (8,95 kilometer). Total dana yang dibutuhkan untuk membangun terowongan itu pun tidak main-main, yakni Rp 9,1 triliun.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia