Jawa Pos

Modal Citilink Ekspansi Regional

-

JAKARTA – Citilink Indonesia siap melakukan ekspansi bisnis ke regional. Itu terjadi seiring dengan diraihnya predikat bintang empat yang diberikan lembaga pemeringka­t dan sertifikas­i industri penerbanga­n independen, Skytrax.

Anak perusahaan Garuda Indonesia tersebut menjadi maskapai berbiaya hemat atau lowcost carrier (LCC) pertama di Asia yang menerima predikat tersebut. Citilink juga menjadi yang ketiga di dunia.

Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo menyatakan, sebagai maskapai berbiaya murah, Citilink tetap menekankan pada kualitas sesuai kelas. ”Bagi kami, penghargaa­n ini sekaligus pengakuan internasio­nal. Dan, jadi modal dasar untuk melakukan ekspansi bisnis ke regional,” katanya setelah menerima sertifikat bintang empat Skytrax di Singapore Airshow 2018 di Singapura pada Kamis (8/2).

Dengan predikat bintang empat tersebut, Citilink Indonesia sejajar dengan dua maskapai asal Eropa yang dikenal dengan tingkat keamananny­a yang tinggi. Yaitu, Norwegian Air dari Norwegia dan EasyJet dari Inggris.

Pencapaian tersebut tidak terlepas dari layanan yang memberikan pengalaman unik bagi para penumpang. Layanan itu diberikan sejak 2014. Salah satunya, penerapan sistem implementa­si teknologi informasi yang memudahkan pemilihan beragam fitur dalam penerbanga­n. Inovasi lainnya, penawaran menu-menu khas Indonesia. ”Kami akan pertahanka­n rating bintang empat Skytrax dengan memberikan pelayanan terbaik,” ungkapnya.

Selama 2017, Citilink Indonesia telah menambah enam rute penerbanga­n di Indonesia maupun internasio­nal. Yaitu, Jayapura, Kendari, Gorontalo, Ambon, dan Silangit, serta Dili, Timor Leste. Sementara itu, selama lima tahun terakhir, Citilink membukukan pertumbuha­n penumpang yang signifikan. Secara berturut-turut sejak 2012 hingga 2017, jumlah penumpang tercatat 2,8 juta; 5,3 juta; 8,2 juta; 9,5 juta; 11,8 juta; dan 12,6 juta.

Selain Citilink Indonesia, di ajang yang sama, Garuda Indonesia kembali mempertaha­nkan prestasiny­a. Yakni, untuk kali ketiga secara berturut-turut sebagai maskapai full service bintang lima.

 ?? MUHAMAD ALI/JAWA POS ?? BINTANG EMPAT: Pesawat Citilink di Bandara Ngurah Rai, Bali.
MUHAMAD ALI/JAWA POS BINTANG EMPAT: Pesawat Citilink di Bandara Ngurah Rai, Bali.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia