Jawa Pos

Finalisasi Pengisian Data dan Siswa Diperpanja­ng

Rangkaian Pendaftara­n SNM PTN 2018

-

JAKARTA – Sedianya pengisian sekaligus verifikasi pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS) seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN) ditutup malam nanti (10/2) pukul 23.59 WIB. Tapi, panitia akhirnya memperpanj­ang tenggat itu hingga Senin (12/2) pukul 23.59 WIB.

Pertimbang­annya, masih banyak sekolah yang sudah mengisi data di PDSS. Tapi belum finalisasi.

Ketua Kelompok Kerja (Pokja) SNM PTN 2018 Prof Budi Prasetio Widyobroto menjelaska­n, keputusan memperpanj­ang tenggat itu sudah mendapatka­n persetujua­n dari Ditjen Pembelajar­an dan Kemahasisw­aan (Belmawa) Keme nristekdik­ti.

Dosen UGM (Universita­s Gadjah Mada) itu menjelaska­n, perpanjang­an waktu sampai Senin hanya berlaku untuk sekolah yang sudah mengisi data di PDSS. Tapi, belum sampai

pada tahap finalisasi.

Perpanjang­an waktu tersebut juga ditujukan bagi siswa yang belum melakukan verifikasi. ”Bagi sekolah yang belum mengisi data di PDSS, tetap dibatasi sampai besok (hari ini, 10/2) pukul 23.59 WIB,’’ katanya di kantor Kemenri stekdikti, Jakarta, kemarin (9/2).

Proses pengisian PDSS SNM PTN 2018 dibuka sejak 13 Januari. Data hingga kemarin (9/2) pukul 13.00 WIB menunjukka­n, ada 26.071 unit SMA/sederajat yang berhak mengisi data siswanya di PDSS.

Dari jumlah tersebut, 17.883 unit sekolah sudah mengisi data PDSS. Sisanya, 8.188 unit sekolah, belum mengisi data di PDSS. Nah, sekolah itulah yang diberi batas waktu sampai nanti malam (10/2).

Sedangkan dari 17.883 unit sekolah yang sudah mengisi data di PDSS, belum seluruhnya sudah menuntaska­n atau finalisasi. Catatan panitia SNM PTN menyebutka­n, sekolah yang sudah finalisasi sebanyak 10.152 unit. Sisanya belum.

’’Data ini dinamis. Bisa berubah setiap detik,’’ tutur Budi. Ketua Umum SNM PTN 2018 Ravik Karsidi mengimbau wali murid yang ingin anaknya masuk PTN melalui jalur SNM PTN supaya mengecek ke sekolah. ’’Wali murid ikut mengingatk­an, siapa tahu sekolahnya belum mengisi data di PDSS,’’ jelasnya.

Ravik menjelaska­n, meski ada perpanjang­an waktu untuk proses finalisasi dan verifikasi PDSS, jadwal SNM PTN secara umum tidak berubah. Proses pendaftara­n SNM PTN oleh setiap siswa tetap dijalankan pada 21 Februari sampai 6 Maret.

Wali murid ikut mengingatk­an, siapa tahu sekolahnya belum mengisi data di PDSS.’’ RAVIK KARSIDI Ketua Umum SNM PTN 2018

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia