Jawa Pos

Olahraga Satukan Dua Korea

Opening Ceremony Olimpiade Pyeongchan­g

-

PYEONGCHAN­G – Sejarah besar terukir pada

opening ceremony Olimpiade Musim Dingin 2018 di Pyeongchan­g, Korea Selatan (Korsel), tadi malam. Presiden Korsel Moon Jae-in bersalaman dengan adik perempuan pemimpin Korut Kim Jong-un, Kim Yo-jong, yang hadir sebagai ketua kontingen. Beberapa menit menjelang seremoni pembukaan, Moon mendatangi dan menyambut sejumlah pemimpin dunia. Termasuk Kim Yo-jong dan Presiden Presidium Dewan Rakyat Korut Kim Yong-nam. Dua tokoh dari negara yang masih berseteru itu duduk berdekatan dan menyaksika­n para atlet berbaris bersama di bawah naungan bendera unifikasi. Sementara itu, Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence yang sangat vokal mengkritik kehadiran kontingen Korut berdiri tidak sampai tiga meter dari para pemimpin dua Korea.

Pada permukaan bendera unifikasi Korea ditampilka­n siluet gambar semenanjun­g dan pulaupulau teluar. Itu bukan kali pertama kontingen dari dua Korea disatukan dalam sebuah event. Yang pertama terjadi pada Kejuaraan Dunia Tenis Meja pada 1991. Kemudian, pada Olimpiade Musim Dingin di Turin, Italia, pada 2006.

’’Ini adalah momen yang kita tunggu-tunggu: Olimpiade di atas salju dan es pertama di Republik Korea. Ini adalah momen komite penyelengg­ara, otoritas publik, dan begitu banyak pihak bekerja dengan dedikasi dan komitmen luar biasa. Anda akan sangat bangga malam ini. Sekarang saatnya untuk Pyeongchan­g,’’ kata Presiden Komite Olimpiade Internasio­nal (IOC) Thomas Bach dalam sambutanny­a.

Pada akhir segmen pergelaran seni bertajuk

Damai dalam Gerak, lima bocah membawa lilin perdamaian berjalan di tengah alunan tembang legendaris Imagine karya John Lennon. Seperti digambarka­n dalam susunan acara, sinar lilin menyimbolk­an harapan yang disebarkan dari satu orang kepada lainnya.

Ketika kehangatan dari lilin itu memenuhi panggung, semua orang menjadi satu dan bernyanyi bersama. Berharap dan berdoa untuk perdamaian, lima bocah tersebut melepaskan merpati ke udara.

Pada puncak seremoni, Kim Yuna, peraih medali emas seluncur es Olimpiade 2010, menerima obor dari sepasang atlet hoki kontingen Korea bersatu. Yuna kemudian menyalakan tungku di puncak tangga stadion. Olimpiade Musim Dingin 2018 berlangsun­g hingga 25 Februari.

 ?? ARIS MESSINIS/AFP ODD ANDERSEN/AFP ?? Medali emas yang diperebutk­an dalam 15 cabang olahraga (cabor) Biaya penyelengg­araan Personel keamanan yang bertugas selama event Edisi Olimpiade Musim Dingin tahun ini Pengunjung yang diharapkan datang selama perhelatan Olimpiade KOREA BERSATU:...
ARIS MESSINIS/AFP ODD ANDERSEN/AFP Medali emas yang diperebutk­an dalam 15 cabang olahraga (cabor) Biaya penyelengg­araan Personel keamanan yang bertugas selama event Edisi Olimpiade Musim Dingin tahun ini Pengunjung yang diharapkan datang selama perhelatan Olimpiade KOREA BERSATU:...
 ?? JONATHAN NACKSTRAND/AFP ??
JONATHAN NACKSTRAND/AFP
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia