Jawa Pos

Dorong Produksi Kendaraan Listrik J

-

SURABAYA – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mendorong agar hasil penelitian kendaraan listrik Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) diproduksi masal. Mantan menteri perhubunga­n itu berkunjung ke ITS dalam rangka penandatan­ganan memorandum of understand­ing (MoU) kemarin (9/2).

Rencananya, soft launching produksi masal itu dilakukan tahun ini. Selain mengisi kuliah umum, Jonan meninjau hasil riset ITS di bidang teknologi smelter dan kendaraan listrik.

Pria yang pernah menjabat Dirut PT KAI itu juga menjajal mobil listrik Ezzy ITS dengan berkelilin­g kampus. ’’Mobil ini harus bisa dikomersia­lkan,’’ tegasnya

Jonan menyatakan, ada dua hal mendasar dalam MoU antara Kementeria­n ESDM dan ITS itu. Yakni, pengembang­an kendaraan listrik dan teknologi smelter. Dia menganjurk­an agar kendaraan listrik hasil riset ITS segera diproduksi dalam jumlah banyak untuk dikomersia­lkan. ’’Jadi, harus segera disempurna­kan dan diperbaiki jika ada yang masih kurang,’’ ujarnya.

Tim ITS berencana me-launching produksi masal sepeda motor listrik pada 17 Agustus mendatang. Jonan menanggapi hal itu dengan antusias. Menurut dia, Indonesia sebetulnya tergolong kurang cepat dalam produksi sepeda motor listrik. Karena itu, dia sangat mengapresi­asi niat ITS tersebut.

Dukungan Jonan itu adalah mencarikan pabrikan yang mau mengomersi­alkan produksi kendaraan listrik ITS. ’’Kalau bisa menggunaka­n kendaraan listrik, akan mengurangi BBM,’’ ujarnya.

Wakil Rektor IV ITS Prof Dr Ketut Buda Artana ST MSc menjelaska­n, ada tiga fokus yang dikembangk­an ITS bersama Balitbang ESDM. Selain smelter dan kendaraan listrik, ada teknologi terbarukan yang berbasis gelombang laut.

 ?? GALIH COKRO/JAWA POS ?? ANTUSIAS: Menteri ESDM Ignasius Jonan menjajal mobil listrik Ezzy ITS kemarin (9/2).
GALIH COKRO/JAWA POS ANTUSIAS: Menteri ESDM Ignasius Jonan menjajal mobil listrik Ezzy ITS kemarin (9/2).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia