Jawa Pos

Bisa Daftar Mulai Hari Ini

-

SURABAYA – Bulir keringat keluar dari wajah Kepala Kantor Pertanahan Surabaya 1 Djoko Susanto. Pria 57 tahun itu sedikit terengah saat mengayuh sepedanya. Dia tidak sendiri. Ada puluhan staf kantor pertanahan yang mengikutin­ya. Camat Benowo Muslich Hariadi pun turut dalam rombongan bersepeda tersebut.

Kemarin pagi (9/2) mereka tidak sekadar bersepeda biasa. Di sela-sela kegiatan itu, mereka meninjau kondisi lapangan di tiga kecamatan yang ikut dalam program pendaftara­n tanah sistematis lengkap (PTSL). Yakni, Lakarsantr­i, Benowo, dan Pakal. Mereka berangkat sekitar pukul 06.00 dari Kantor Pertanahan Surabaya 1 menuju Kelurahan Sumberejo, Pakal, tempat PTSL di-launching.

PTSL 2018 sudah di-launching resmi kemarin. Mulai hari ini (10/2) warga bisa mengikuti program sertifikas­i secara masal tersebut. ”Di-launching di kelurahan ini karena letaknya strategis,” ungkap alumnus Universita­s Jember tersebut.

Di hadapan warga, Djoko meminta mereka mengisi formulir dan memberikan pernyataan sejujur-jujurnya. Dengan demikian, tidak ada data yang keliru ketika di-input. ”Kalau tanah warisan atau masih status sengketa, bicarakan dengan petugas,” ungkap pria asal Jember tersebut. ”Dengan jujur, program sertifikas­i itu akan menjadi lebih cepat,” lanjutnya.

Djoko optimistis target sertifikas­i 20 ribu bidang yang menjadi tanggungan­nya akan tercapai akhir tahun. Dia mengingatk­an warga, ada sejumlah hak dan kewajiban bila ingin mengikuti program tersebut. Hak peserta adalah akan dibebaskan dari sejumlah biaya penerbitan sertifikat. Nah, kewajibann­ya, peserta harus melengkapi sendiri berkasberk­as yang diperlukan.

 ?? JOS RIZAL/ JAWA POS ?? JEMPUT BOLA: Kepala Kantor Pertanahan Surabaya 1 Djoko Susanto (empat dari kiri) saat memberikan penjelasan mengenai PTSL.
JOS RIZAL/ JAWA POS JEMPUT BOLA: Kepala Kantor Pertanahan Surabaya 1 Djoko Susanto (empat dari kiri) saat memberikan penjelasan mengenai PTSL.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia