Jawa Pos

Icip-Icip Teh Produksi Dalam Negeri

Ragam Jenis, Rasa, dan Cara Penyeduhan

-

SURABAYA – Salah satu minuman yang familier dengan kita adalah teh. Ia juga dikenal menyehatka­n. Begitu penyampaia­n Widyoseno Estitoyo, pemilik bisnis Havelteh.

Beragam jenis, cara menyeduh, hingga memilih teh yang tepat untuk pendamping kudapan dipaparkan dalam bincang santai dalam acara Storyteall­ing di My America, Konsulat Jenderal Amerika Serikat, kemarin (9/2).

Teh sudah menempati bagian dari sejarah dan budaya di berbagai bangsa. Di Tiongkok, misalnya, menyajikan teh merupakan suatu bentuk penghormat­an untuk tamu.

Sementara itu, di Inggris, budaya minum teh dengan camilan merupakan gaya hidup yang lekat dengan kaum bangsawan. Di sisi lain, teh yang disajikan dingin dengan varian rasa populer di Amerika Serikat.

Sebagai negara agraris, Indonesia punya ribuan perkebunan teh yang tersebar di berbagai pulau. ’’Kita punya teh hitam yang menduduki peringkat ekspor teh tertinggi. Sementara jenis lain tak kalah enak dan berkualita­s,’’ ucap Seno, sapaan Widyoseno Estitoyo.

Tiga jenis teh dasar yang paling banyak dikonsumsi orang Indonesia adalah teh hitam, teh hijau, dan teh putih (white tea). Teh hitam merupakan jenis yang paling sering ditemui. Termasuk teh celup yang banyak dipasarkan dalam kemasan kotak dan botol masuk kategori teh hitam.

Rasa teh hitam dan aromanya paling kuat dibandingk­an jenis lain. ’’Rasa kuat tersebut banyak dicari orang yang tinggal di wilayah Jawa Tengah. Muncul istilah nasgitel; panas, legi, kenthel,’’ kata lulusan Hanze University of Applied Sciences, Groningen, Belanda, itu.

Teh hitam cocok disajikan dengan menggunaka­n air bersuhu panas 90–100 derajat Celsius untuk mengeluark­an kekentalan­nya. Hal itu berbeda dengan teh hijau dan teh putih. Penyajian teh hijau dan putih harus menggunaka­n air dengan suhu sedang, yakni 70–80 derajat Celsius.

’’Jika suhu air terlalu panas, teh seperti gosong. Rasanya akan terlalu pahit,’’ jelasnya. Teh jenis itu cukup direndam selama dua sampai tiga menit, lalu diangkat.

Terdapat berbagai macam rasa yang tersemat dalam satu sesapan teh. Di antaranya, manis, fruity, asam, rempah, sepet, serta pahit. Karena itu, trik memadukan teh yang tepat dengan makanan yang disantap bisa menciptaka­n sensasi berbeda.

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? BANYAK JENISNYA: Widyoseno Estitoyo (kanan) menjelaska­n cara menyeduh teh.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS BANYAK JENISNYA: Widyoseno Estitoyo (kanan) menjelaska­n cara menyeduh teh.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia