Jawa Pos

Kerja Sama Tampilkan Trouvaille

Siswa SMP dan SMA Cita Hati School West

-

SURABAYA – Ujian praktik kelas IX dan XII menjadi tantangan yang tak mudah, tetapi menyenangk­an bagi siswa SMP dan SMA Cita Hati School West. Dalam penilaian sebagai salah satu syarat kelulusan itu, mereka harus berkolabor­asi menciptaka­n sebuah pertunjuka­n. Tahun ini mereka menampilka­n drama musikal bertajuk Trouvaille.

’’Dari bahasa Prancis. Bisa diartikan seperti lucky find. Menemukan sesuatu hal yang lebih berharga dari yang awalnya kita harapkan,’’ terang Grace Patricia Marten, produser drama, saat ditemui sebelum pertunjuka­n pada Kamis sore (8/2).

Drama yang dimulai pukul 17.30 itu menceritak­an seorang gadis muda bernama Dawn yang kali pertama memasuki sekolah barunya, Lumiere. Sebelumnya, Dawn banyak mendengar bahwa sekolah itu penuh dengan keceriaan. Tetapi, hal tersebut tidak terbukti ketika dia masuk ke sana. Tidak ada sedikit pun senyuman di sekolah itu. Semua tampak murung, tertekan, dan sedih.

Rupanya, sekolah Lumiere dikutuk oleh penyihir jahat. Mendengar kabar tersebut, Dawn terpanggil untuk memecahkan mantra yang telah membelengg­u sekolahnya. Meski mendapat tantangan yang tak mudah, Dawn bertekad mengembali­kan keceriaan di sekolah barunya itu.

Drama kerja sama antara 71 siswa kelas IX SMP dan 6 siswa kelas XII SMA tersebut berhasil meraih apresiasi penonton. Sebanyak 600 kursi yang disediakan hampir terisi penuh. Bahkan, tiket premium sudah terjual habis sebelum hari H.

Penanggung jawab drama musikal Trouvaille Samuel Maliota menjelaska­n, drama sebagai ujian praktik kelulusan tersebut menggabung­kan sembilan mata pelajaran. Yakni, musik, art, bahasa Inggris, bahasa Indonesia, agama, TI, kimia, fisika, dan biologi. ’’Dialog dalam drama menggunaka­n bahasa Inggris, tapi siswa membuat laporan dalam bahasa Indonesia. Sementara itu, science diwujudkan dalam pameran,’’ ungkapnya.

Kepala Senior School Cita Hati West Campus Marisi Sihombing menambahka­n, event tersebut bukan ajang menonjolka­n diri, melainkan aplikasi dari pembelajar­an yang sudah didapatkan murid-muridnya selama belajar di sekolah.

 ?? GUSLAN GUMILANG / JAWA POS ?? KENANGAN: Adegan drama Trouvaille yang diperankan siswa SMP dan SMA Cita Hati School West pada Kamis malam (8/2).
GUSLAN GUMILANG / JAWA POS KENANGAN: Adegan drama Trouvaille yang diperankan siswa SMP dan SMA Cita Hati School West pada Kamis malam (8/2).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia