Jawa Pos

Teken Perbup Pekan Depan

Bupati: Kenaikan Tarif PDAM Tidak Ada Masalah

-

GRESIK – Bupati Sambari Halim Radianto memastikan tidak ada masalah terkait dengan rencana kenaikan tarif PDAM. Peraturan bupati (perbup) soal tarif baru itu siap diteken pekan depan. Pelanggan sudah setuju.

Kenaikan tarif PDAM Giri Tirta dinilai Sambari sudah sesuai dengan asas keadilan. ”Tidak ada masalah dengan kenaikan tarif,” katanya kepada Jawa Pos kemarin (9/2). Draf peraturan bupati (perbup) yang mengatur tarif baru itu pun telah tuntas.

Mengapa tidak segera ditandatan­gani? Sambari mengatakan, secara keseluruha­n,

naskah perbup sudah klir. Termasuk nilai tarif air. Draf perbup masih berada di Bagian Hukum Pemkab Gresik. ’’Hanya ada perbaikan redaksi sedikit. Tapi, tarif sudah klir,” jelas Sambari.

Ditanya soal apa yang diperbaiki, Sambari tidak mau menjelaska­n. Rumornya, perbaikan tersebut terkait dengan permintaan bupati kepada manajemen PDAM Giri Tirta. Bupati setuju dan siap menandatan­gani perbup itu jika manajemen PDAM di bawah Dirut PDAM Muhammadi sanggup memperbaik­i pelayanan kepada pelanggan.

Kapan diteken? ”Segera. Mungkin minggu depan,” tegas orang nomor satu di Pemkab Gresik itu. Sebab, kenaikan tersebut sudah disetujui warga. Saat forum konsultasi pada Senin (29/1), ratusan pelanggan hadir. Saat rencana tarif baru dipaparkan, pelanggan yang hadir tidak keberatan. Apalagi, rencana kenaikan tidak terlalu signifikan.

Kategori pelanggan rumah tangga 1 dan 2, misalnya. Kenaikan hanya Rp 275 per meter kubik (m3). Dari Rp 1.225 menjadi Rp 1.500 per m3. Adapun pelanggan rumah tangga 3 naik Rp 375 menjadi Rp 1.600 per m3.

Diberitaka­n sebelumnya, manajemen PDAM berencana menaikkan tarif air. Kebijakan tersebut berlaku untuk semua kategori pelanggan. Mulai sosial umum, sosial khusus, hingga pelanggan rumah tangga 1, 2, dan 3. Ada juga kategori niaga kecil, niaga besar, industri kecil, industri besar, serta kawasan pelabuhan. Nilai kenaikanny­a variatif.

Hanya ada perbaikan redaksi sedikit. Tapi, tarif sudah klir.” SAMBARI HALIM RADIANTO Bupati Gresik

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia