Jawa Pos

Hujan Deras, Porong Tergenang Lagi

-

SIDOARJO – Banjir kembali menerjang Kota Delta. Pada sejumlah wilayah, air merendam permukiman warga. Ketinggian air mencapai 30 cm. Penyebabny­a, debit air Kali Ketapang meninggi. Selain itu, saluran air menyempit gara-gara pembanguna­n jalan tol.

Dari pengamatan di lapangan, ada tiga lokasi banjir. Yang pertama Desa Pesawahan, Kecamatan Porong. Ketinggian air 30 cm–40 cm. Saluran air tidak mampu menampung air hujan. Itulah yang menyebabka­n air meluber ke jalan, kantor desa, hingga permukiman.

Lokasi kedua adalah Desa Candi Pari. Ketinggian air di wilayah yang masuk Kecamatan Porong tersebut mencapai 20 cm. Desa Candi Pari dan Pesawahan merupakan dua titik langganan banjir di Porong. Akhir tahun lalu banjir merendam dua desa itu hingga satu minggu.

Titik selanjutny­a adalah Desa Kalitengah, Kecamatan Tanggulang­in. Didik, warga setempat, mengatakan bahwa air mulai naik Kamis malam (8/2). Saat itu hujan turun dengan lebat. ”Sampai sekarang masih ada genangan,” ujarnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sidoarjo Sigit Setyawan mengatakan, genangan tersebut disebabkan tingginya curah hujan. ”Desa Pesawahan dan Candi Pari merupakan titik terendah,” ucapnya.

Penyebab lain adalah menciutnya saluran air. Tepatnya di arteri Porong. Saluran air menyempit karena pengerjaan tol. Sigit mengatakan, pihaknya sudah berkomunik­asi dengan pihak pembangun tol untuk melebarkan saluran air. ”Kalau tidak dilebarkan, genangan air tidak akan surut,” jelasnya.

Solusi lain adalah normalisas­i sungai. Tahun ini pemkab menargetka­n seluruh sungai di Kota Delta dikeruk. ”Ada pengerjaan normalisas­i yang swakelola maupun digarap pihak lain,” ucapnya.

 ?? GHOUFUR EKA/JAWA POS ?? LANGGANAN BANJIR: Misina, warga Desa Kalitengah, Kecamatan Porong, menjemur kasur di depan rumahnya yang terendam air kemarin.
GHOUFUR EKA/JAWA POS LANGGANAN BANJIR: Misina, warga Desa Kalitengah, Kecamatan Porong, menjemur kasur di depan rumahnya yang terendam air kemarin.
 ?? EDI SUDRAJAT/JAWA POS ?? KONSOLIDAS­I: Kombespol Himawan Bayu Aji (lima dari kiri) foto bersama seluruh jajaran, KPU, dan Panwaslu Sidoarjo kemarin. Total terdapat 1.050 personel pengamanan. Jumlah tersebut belum termasuk petugas linmas yang ikut siaga di TPS.
EDI SUDRAJAT/JAWA POS KONSOLIDAS­I: Kombespol Himawan Bayu Aji (lima dari kiri) foto bersama seluruh jajaran, KPU, dan Panwaslu Sidoarjo kemarin. Total terdapat 1.050 personel pengamanan. Jumlah tersebut belum termasuk petugas linmas yang ikut siaga di TPS.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia