Jawa Pos

Pamer Koleksi Sneaker Canggih

-

SURABAYA – Para pencinta sneaker berkumpul. Mereka datang dari berbagai kota dalam acara Jakarta Sneaker Day (JSD) X PAHI yang berlangsun­g di Hotel Artotel, Jalan Dr Soetomo, kemarin (10/2). Sudah pasti obrolan soal sepatu mendominas­i. Mulai cara perawatan sampai gosip rilisan terbaru yang bikin mupeng.

Serunya, mereka juga membawa koleksi-koleksi terkece. Termasuk sneaker edisi terbatas Nike Mag seri Back to the Future milik John Pelenkahu

J

”Saya beli 2016 seharga USD 9.500 (Rp 129,4 juta),” ungkap pria Surabaya tersebut tentang replika sneaker Marty McFly (Michael J. Fox) dalam film Back to the Future II (1989) itu.

Selain sudah pasti nyaman, John suka karena kecanggiha­nnya. Sepatu tersebut memiliki power lace, yakni teknologi yang dapat mengikat secara otomatis dengan tombol. ”Ada juga lampu di bagian bawah yang bisa dikontrol tombol,” jelas John.

Wiraswasta itu mengaku jatuh cinta dengan sneaker sejak lama. Namun, dia baru benar-benar mulai mengoleksi sneaker pada 2014. Saat ini dia memiliki 20 pasang sneaker dengan beragam harga. ”Ya seperti Nike Mag ini, jadi salah satu koleksi termahal saya,” ungkapnya, menunjuk sepatu putih yang dikenakann­ya.

John tergolong selektif soal sneaker. Prinsipnya, semakin tidak banyak yang memiliki sneaker itu, dia semakin suka. Karena itulah, John senang berburu edisi terbatas. ”Kurang asyik pakai sepatu kembar dengan orang lain,” ujarnya.

Kolektor lain adalah Anugrah Aditya. Youtuber asal Jakarta pemilik akun Adityalogy­TV itu sering me-review sneaker. ”Sejak 2016. Awalnya, saya review sepatu milik sendiri, lalu diunggah,” jelas pria 35 tahun itu.

Adit mengaku punya koleksi 30 sneaker. Salah satu yang menjadi favoritnya adalah seri Off-White x Nike Air Presto. Untuk mendapatka­nnya, Adit harus menebus dengan mengeluark­an uang Rp 35 juta. ”Seperti yang saya pakai ini,” ujarnya, memamerkan sepatu yang di berbagai situs review luar negeri disebut sebagai salah satu sneaker terbaik 2017 itu.

Co-founder JSD Andrey Noelfry Tarigan mengatakan, Sneakers Day merupakan event rutin yang digelar sebagai wadah berkumpuln­ya pencinta sneaker Indonesia. ”Nanti puncak acara di Jakarta. Sekarang kami road show ke kota-kota,” kata Andrey.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? EDISI TERBATAS: John Pelenkahu (kiri) melihat sepatunya, Nike Mag seri Back to the Future, sedang di-review Anugrah Aditya.
DIPTA WAHYU/JAWA POS EDISI TERBATAS: John Pelenkahu (kiri) melihat sepatunya, Nike Mag seri Back to the Future, sedang di-review Anugrah Aditya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia