Jawa Pos

Minta Berkas Caleg Lebih Rapi

-

SURABAYA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya menyerahka­n kembali berkas keanggotaa­n untuk 15 partai politik (parpol) kemarin (10/2). Berkas yang dinyatakan memenuhi syarat itu bakal direkap, lalu disetorkan ke KPU Jatim untuk syarat kepesertaa­n tingkat provinsi. Namun, KPU mengharapk­an kesalahan saat verifikasi parpol tidak terulang lagi.

”Nanti kalau mengumpulk­an data caleg lebih rapi ya,” ujar Komisioner KPU Surabaya Purnomo Satriyo Pringgodig­do kepada perwakilan parpol yang hadir kemarin.

Data caleg untuk Pemilu 2019 dikumpulka­n pada Juni mendatang. Sementara itu, saat verifikasi parpol awal Februari lalu, ada enam parpol yang harus memperbaik­i data keanggotaa­nnya.

Sebanyak 15 parpol dinyatakan memenuhi syarat. Dua parpol, yakni Partai Idaman dan Partai Indonesia Kerja (Pika), dinyatakan tidak memenuhi syarat. Sebab, data keanggotan­nya tidak mencapai 1.000 orang. Di sisi lain, Partai Solidarita­s Indonesia (PSI) tidak mendaftar sejak awal.

Perwakilan dari Demokrat datang paling akhir dalam acara penyerahan berkas itu. Ketua DPC Demokrat Surabaya Ratih Retnowati menuturkan bahwa pendaftara­n caleg bakal dimulai bulan ini. ”Senin ini kami rapat. Bulan ini kami buka pendaftara­n parpol,” ungkapnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia