Jawa Pos

Seleksi OSN Dimulai

-

SURABAYA – Ratusan siswa SD kelas IV–V memadati lapangan SDN 1 Sidotopo kemarin pagi (10/2). Mereka bersiap untuk seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD tingkat kecamatan di bawah UPTD V Surabaya. SD di enam kecamatan mengirimka­n perwakilan­nya untuk mengikuti penjaringa­n kompetisi tingkat kota.

’’Seperti tahun lalu, ini adalah tahapan bagi siswa yang ingin mengikuti OSN Kota Surabaya. Dari sini, kami bakal mengambil sekitar 50 siswa untuk bergabung dengan perwakilan wilayah lain,’’ ujar Kepala UPTD V Surabaya Sudirman.

Dia menyatakan, animo siswa pada pelaksanaa­n OSN tahun ini cukup bagus. Total peserta mencapai 615 anak. Yakni, terdiri atas 300 peserta olimpiade matematika dan 315 peserta olimpiade IPA. Saking banyaknya, 31 ruangan yang disediakan tuan rumah, SDN 1 Sidotopo, tidak cukup. ’’Akhirnya, ada enam kelas yang dipindahka­n ke SDN Kapasan 3 yang masih dekat,’’ ungkapnya.

Sudirman berharap siswa yang mengikuti seleksi bisa berkomitme­n untuk maju sampai level nasional. Sebab, prestasi yang didapat mereka juga bisa mendongkra­k citra pendidikan Surabaya Utara. Itu juga secara tidak langsung meningkatk­an kualitas pendidikan di wilayah tersebut.

’’Siswa dari wilayah kami juga sudah pernah tembus sampai tingkat regional. Cuma, anak berprestas­i memang datang dari SD di wilayah tengah kota,’’ jelasnya.

 ?? MOCHAMAD SALSABYL/JAWA POS ?? BERLOMBA JADI YANG TERBAIK: Sebagian peserta OSN SD tingkat kecamatan di SDN 1 Sidotopo kemarin.
MOCHAMAD SALSABYL/JAWA POS BERLOMBA JADI YANG TERBAIK: Sebagian peserta OSN SD tingkat kecamatan di SDN 1 Sidotopo kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia