Jawa Pos

Persiapkan UNBK sejak Januari

-

SURABAYA – Ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tingkat SMA sederajat dilaksanak­an pada 9–12 April. Meski begitu, persiapan siswa se-Surabaya dilakukan jauh sebelum itu. Termasuk siswa-siswi homeschool­ing.

Homeschool­ing Pena, salah satunya. Kemarin (10/2) para siswa mendapat pelajaran intensif. Kegiatan tersebut dilangsung­kan di luar jam pelajaran pada umumnya. Persiapan itu dilaksanak­an sejak Januari lalu. Kebetulan kemarin merupakan jadwal murid kelas XII IPS.

Program intensif itu diikuti seluruh siswa homeschool­ing. Tidak terkecuali yang mengikuti program privat. Para murid mau tidak mau harus menuju ke kantor Homeschool­ing Pena di Jalan Ketintang Baru III Nomor 3. ’’Ini dilakukan supaya pembelajar­an yang diberikan merata ke semua siswa,’’ papar Kepala Homeschool­ing Pena Supriyadi.

Untuk materi, tidak ada yang berbeda dengan murid SMA pada umumnya. Mereka diberi waktu intensif terhadap empat mata pelajaran yang diujikan di UNBK. Yakni, bahasa Indonesia, matematika, bahasa Inggris, dan mata pelajaran pilihan. Misalnya, IPS, pilihannya geografi, sosial, atau ekonomi. Adapun IPA, pilihannya fisika, kimia, atau biologi. ’’Nah, itu kami berikan intensif semuanya menurut kelas mereka,’’ tambah Supriyadi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia