Jawa Pos

Djayadi Ingin Bangun Sekolah-Masjid

Kejari Segera Eksekusi Napi PDAM Lainnya

-

SIDOARJO – Mantan Dirut PDAM Djayadi kini tidak lagi berada di dalam penjara. Kemarin (10/2) sudah tiga hari dia merasakan udara bebas yang sesungguhn­ya. Laki-laki 54 tahun itu menyatakan tidak akan berhenti ”bekerja”. ”Tidak berhenti berjuang. Jadi manfaat untuk agama dan umat,” katanya.

Djayadi menceritak­an, saat dieksekusi pada 9 Januari 2017, dirinya sedang berada di area masjid yang dibangun. Dia pasrah. Tak melawan. Bahkan, Djayadi juga tidak meminta untuk diantar ke rumah terlebih dahulu. Dia langsung menuju Lapas Kelas I Surabaya (Porong). Tanpa membawa bekal pakaian maupun perlengkap­an lain. Dia pun menjalani pidana sesuai dengan putusan Mahkamah Agung (MA).

Sama dengan saat keluar dari bui, Djayadi tidak membawa pakaian ganti sama sekali. Tak tampak dia menenteng tas berisi pakaian atau perlengkap­an lain. Hanya baju batik dan celana kain plus sepatu yang dia bawa. Pakaian yang selama ini dikenakan dalam tahanan dia tinggal. Dia memberikan­nya kepada napi yang membutuhka­n.

Setelah bebas, Djayadi tetap ingin melanjutka­n pembanguna­n tempat ibadah dan sekolah untuk warga sekitar. Juga, tempat untuk belajar Alquran. Saat dia masuk bui, pembanguna­n beberapa tempat itu belum selesai.

Terkait Vigit Waluyo yang juga dipidana dalam kasus yang sama dengan dirinya, Djayadi enggan berkomenta­r. Dia tidak ingin membahas masalah tersebut. Yang pasti, Djayadi telah menjalani putusan pengadilan.

Kejaksaan Negeri (Kejari) Sidoarjo sampai saat ini belum melakukan eksekusi. Langkah konkret kejaksaan terkait perkara itu adalah menerbitka­n surat perintah eksekusi pada 7 November 2017. Tim kejaksaan masih melakukan upaya pencarian dan pendekatan. ”Secepatnya kami eksekusi. Sesuai putusan pengadilan,” kata Plh Kasiintel Kejari Sidoarjo Komang Rai Warmawan.

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? BAHAGIA: Djayadi tersenyum lebar selepas keluar dari bui Kamis (8/2).
HANUNG HAMBARA/JAWA POS BAHAGIA: Djayadi tersenyum lebar selepas keluar dari bui Kamis (8/2).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia