Jawa Pos

Mengenal Sekda Baru Sidoarjo Achmad Zaini Spesialisa­sinya Memang Jadi Sekretaris

-

Terhitung sejak 1 Februari lalu, posisi sekretaris daerah (Sekda) Sidoarjo ditempati Achmad Zaini. Dia menggantik­an Djoko Sartono yang pensiun. Siapa Zaini sebenarnya?

MIFTAKHUL F.S.

TAK terbayangk­an sebelumnya jika kebiasaann­ya mencatat itu akan menjadi jalan bagi Zaini kecil untuk pekerjaan yang akan digelutiny­a di masa depan. Pun demikian ketika dia diterima menjadi pegawai negeri pada awal 1990-an.

Zaini hanya ingin bisa diterima sebagai pegawai negeri. Dan, laki-laki asal Pamekasan tersebut bekerja sebaik-baiknya agar bisa membanggak­an orang tua serta melayani masyarakat, tidak lebih.

Tapi, rupanya kebiasaann­ya mencatat itu menuntunny­a menduduki beberapa posisi sekretaris yang begitu lekat dengan catat-mencatat. ”Mungkin jalannya seperti itu,” katanya kemarin (8/2).

Saat masih duduk di bangku sekolah, Zaini tergolong pelajar yang rajin mencatat. Dia justru seperti merasa gatal kalau tak mencatat. ”Bagi saya, kebiasaan seperti itu menjadi motivasi untuk tertib. Termasuk tertib administra­si,” sebutnya.

Dan, nasib sepertinya mendekatka­n bapak dua anak tersebut dengan dunia catat-mencatat. Begitu bekerja, Zaini lantas dipercaya menjadi sekretaris. Dia tercatat pernah menjadi sekretaris Dinas Perhubunga­n Sidoarjo, sekretaris Dinas Pendidikan (kini dinas pendidikan dan kebudayaan) Sidoarjo, dan lebih dari sepuluh tahun menempati pos sekretaris kesebelasa­n asal Kota Delta: Deltras Sidoarjo.

Bahkan, posisi sebagai sekretaris Deltras itu masih diembannya sampai saat ini. Yang terbaru, Zaini dipercaya menjadi sekretaris daerah (Sekda) Sidoarjo. Dia menggantik­an Djoko Sartono yang telah pensiun. ”Melihat jalan yang saya lalui ini, rasanya saya ini akhirnya menjadi orang yang spesialisa­sinya menjadi sekretaris,” ujarnya, lantas tertawa.

Sekda merupakan jenjang karir tertinggi bagi pegawai negeri sipil di lingkup kabupaten atau kota. Sekdalah yang memimpin roda organisasi perangkat daerah. Zaini pun sadar betul akan posisi dan tanggung jawabnya tersebut.

Dia menegaskan akan berbuat semaksimal mungkin untuk keberlangs­ungan pembanguna­n di Sidoarjo. Zaini juga menyatakan bakal semakin memperbaik­i sistem pelayanan kepada masyarakat.

Zaini menyebut tidak ingin mengecewak­an orang-orang yang telah memberikan amanat. Apalagi, bagi dia, Sidoarjo sudah menjadi kampung halamannya sendiri meski dirinya dilahirkan di Pamekasan.

Tanggal lahir Zaini pun sama dengan tanggal lahir Sidoarjo: 31 Januari. ”Ini seperti menjadi pengingat bagi saya untuk selalu berbuat yang terbaik bagi Sidoarjo,” tegas alumnus alumnus Fakultas Ekonomi Widya Gama Malang tersebut.

 ??  ??
 ??  ??
 ?? MIFTAKHUL FAHAM SYAH/JAWA POS ?? SELAMAT BERTUGAS: Mantan Sekda Djoko Sartono (kiri) bersalaman dengan Achmad Zaini.
MIFTAKHUL FAHAM SYAH/JAWA POS SELAMAT BERTUGAS: Mantan Sekda Djoko Sartono (kiri) bersalaman dengan Achmad Zaini.
 ??  ??
 ?? ILUSTRASI: DAVID/JAWA POS ??
ILUSTRASI: DAVID/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia