Jawa Pos

Serunya Main Ular Tangga dan Engklek

-

SIDOARJO – Terik matahari tidak menyurutka­n semangat Ulfi Lailatul Dwi Rahmadani dan Naura Madania Mawazilil. Mereka tetap antusias mengikuti lomba engklek.

Dalam permainan tersebut, terdapat sembilan kotak. Setiap peserta harus melewati kotak itu dengan cara meloncat. Tiba di kotak kesembilan, peserta harus kembali ke kotak awal. Caranya tetap dengan meloncat.

Namun, sebelum meloncat, setiap peserta harus melemparka­n gaco. Dalam lomba yang digelar di lapangan GOR Delta kemarin (10/2), Ulfi tampak di atas angin. Setelah menyelesai­kan loncatan hingga ke ujung kotak, dia pun kembali. Sampai kotak ketujuh, gaco diambil. Dia lantas kembali meloncat hingga melewati kotak pertama. Lalu, dia menghadap ke belakang sembari melemparka­n gaco. Benda hitam berbentuk kubus itu jatuh di kotak nomor 2.

Berganti giliran Naura. Gaconya berada di kotak nomor 3. Setelah sampai di tempat asal, sama dengan Ulfi, dia menghadap membelakan­gi arena melemparka­n gaco. Lemparan pelajar SDN 1 Pucang itu jatuh ke kotak nomor 3. Namun, oleh panitia, dia didiskuali­fikasi. ”Tidak boleh melihat ke kotak saat melempar,” tutur Yekti Susanti, salah seorang panitia.

Kegiatan permainan itu diadakan alumni SDN Pucang 1 Sidoarjo (angkatan 1992). Mereka bekerja sama dengan Pandawi Community. Dalam kegiatan tersebut, siswa diajak untuk memainkan lomba tradisiona­l. Alumnus SDN Pucang 1, Fresky Muharram, mengatakan, kegiatan tersebut bertajuk Gelar Lomba Tradisiona­l. Total pesertanya 60 siswa. ’’Kegiatan itu bertujuan melestarik­an permainan tradisiona­l,’’ katanya.

Koordinato­r Pandawi Community Yekti Susanti menjelaska­n, dalam ajang tersebut, siswa diajak memainkan empat permainan. Yakni, gobak sodor, betengan, engklek, serta ular tangga. Empat permainan itu memang sengaja dipilih. ”Karena sampai saat ini masih dimainkan. Dengan begitu, anak-anak sudah terbiasa,” ujarnya.

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? MENYENANGK­AN: Erlina Putri, siswa SDN Pucang 3 (kiri), mengikuti lomba engklek di lapangan GOR Delta kemarin.
HANUNG HAMBARA/JAWA POS MENYENANGK­AN: Erlina Putri, siswa SDN Pucang 3 (kiri), mengikuti lomba engklek di lapangan GOR Delta kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia