Jawa Pos

Kolaborasi­kan Wayang Kulit dan Orang

-

SURABAYA – Galeri Seni Budaya Daerah Magetan di Pendapa Taman Budaya Surabaya dibuka dengan penampilan tak biasa. Tim dari Magelang itu menampilka­n kolaborasi wayang kulit dan wayang orang. Lakon yang dibawakan berjudul Ciptaning. Bercerita tentang pertapaan Arjuna untuk memenangka­n perang Bharatayud­ha.

Wayang kolaborasi tersebut menempatka­n dalang dan wayang kulit di balik kelir (layar yang terbuat dari kain putih). Karena itulah, penonton hanya menikmati bayangan wayang kulit. Sementara itu, panggung di depan kelir digunakan untuk penampilan wayang orang. Adegan wayang kulit dan wayang orang saling dipadukan hingga saling mengisi satu sama lain. Warna-warna lampu latar juga berubah dinamis seiring perubahan suasana.

Tawa penonton kerap terdengar dalam adegan wayang orang punakawan. Petruk, Gareng, dan Bagong menghadirk­an hiburan dengan topik masa kini. Bukan hanya itu, adegan Arjuna melawan empat pasukan Buto Cakil juga diisi dengan dagelan. Salah satu cakil terpeleset serta diikuti wajah kaget dan tawa penonton.

Karena melawan pakem tampilan wayang biasa, banyak aturan baru yang harus dibuat. Salah satunya, terdapat tiga dalang di balik kelir. ’’Ini permasalah­an blocking. Terlalu kecil nanti bayangan wayang kulitnya jika hanya satu dalang,” ungkap Putut Puji Agusseno, sutradara penampilan wayang kolaborasi, Jumat malam (9/2).

Permainan karawitan juga tak mengikuti pakem yang ada. ’’Kalau biasanya kendang jadi sopir. Sekarang bergantung adegan siapa yang harus jadi sopir, ada yang kenong, ada yang kendang,’’ ucap mahasiswa S-2 di Institut Seni Indonesia itu.

 ?? IVAN DWI/JAWA POS ?? SALING ISI: Para penari dalam lakon Ciptaning tampil di panggung dengan layar belakang menampilka­n adegan wayang kulit di Pendapa Taman Budaya Surabaya Jumat malam (9/2).
IVAN DWI/JAWA POS SALING ISI: Para penari dalam lakon Ciptaning tampil di panggung dengan layar belakang menampilka­n adegan wayang kulit di Pendapa Taman Budaya Surabaya Jumat malam (9/2).
 ?? IVAN DWI/JAWA POS ?? KOCAK: Adegan punakawan yang terdiri atas Petruk, Gareng, dan Bagong menghadirk­an hiburan dengan topik masa kini.
IVAN DWI/JAWA POS KOCAK: Adegan punakawan yang terdiri atas Petruk, Gareng, dan Bagong menghadirk­an hiburan dengan topik masa kini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia