Jawa Pos

Janji Gratiskan SMA-SMK

Saifullah-Puti Umumkan Rencana Program

- (byu/c5/oni)

SURABAYA – Pembanguna­n SDM dan ekonomi menjadi janji utama pasangan calon (paslon) Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno. Mereka juga menjanjika­n sejumlah perubahan yang masih menjadi pekerjaan rumah pada kepemimpin­an periode saat ini.

Kemarin (11/2) Saifullah menyampaik­an lima di antara 33 janji kampanyeny­a kepada publik di posko pemenangan di Gayungan, Surabaya (lihat grafis).

Saifullah menuturkan, pendidikan gratis bakal difokuskan untuk menyelesai­kan problem akibat aturan dalam UU 23/2014 tentang Pemerintah Daerah. Sesuai dengan UU tersebut, SMA-SMK dikelola oleh pemerintah provinsi. Dampaknya, siswa di sejumlah daerah yang sebelumnya menikmati SMASMK gratis harus gigit jari. Sebab, pengelolaa­n oleh provinsi mengharusk­an mereka membayar.

’’Kami sedang berhitung dengan Pak Halim (Abdul Halim Iskandar, ketua DPRD Jatim yang juga ketua DPW PKB Jawa Timur, Red) agar SMA dan SMK bisa gratis,’’ terang Saifullah.

Rencana awal, dia akan mengusulka­n anggaran Rp 1,4 triliun dalam RAPBD 2019 untuk beasiswa penuh siswa SMA-SMK. Sebagai gambaran, berdasar data pokok pendidikan Kemendikbu­d 2016, jumlah siswa SMA-SMK se-Jatim mencapai 1.231.243 orang.

Saifullah bakal menghitung dengan cermat kemampuan APBD Jatim untuk pendidikan. Minimal, dia akan menerapkan subsidi silang. Yakni, beasiswa penuh untuk siswa di 10 kabupaten/ kota dengan indeks pembanguna­n manusia (IPM) terendah. Kemudian, patungan biaya dengan 15 kabupaten/kota yang IPM-nya di level menengah. Sisanya, 13 kabupaten/kota dengan IPM tertinggi akan ikut membiayai siswa SMASMK sepenuhnya.

Dia menjamin skema itu tidak melanggar UU Pemda. ’’Tinggal nomenklatu­rnya yang diatur lebih lanjut,’’ timpal Halim. Dengan begitu, pemkab dan pemkot tetap bisa ikut membiayai pendidikan para siswa. Sebab, pendidikan merupakan salah satu layanan dasar yang harus diberikan kepada masyarakat.

 ?? ARIS IMAM/JAWA POS ?? DISKUSI IDE: Puti Guntur Soekarno didampingi Ketua DPC PDIP Surabaya Wisnu Sakti Buana (kanan) dan anggota DPR dari PDI Perjuangan Indah Kurnia di acara Cangkruk Zaman Now di Surabaya kemarin. Foto kanan, Emil Dardak (dua dari kanan) menjadi salah satu...
ARIS IMAM/JAWA POS DISKUSI IDE: Puti Guntur Soekarno didampingi Ketua DPC PDIP Surabaya Wisnu Sakti Buana (kanan) dan anggota DPR dari PDI Perjuangan Indah Kurnia di acara Cangkruk Zaman Now di Surabaya kemarin. Foto kanan, Emil Dardak (dua dari kanan) menjadi salah satu...
 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ??
HANUNG HAMBARA/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia