Jawa Pos

Keliru Sebar Foto PKL yang Memicu Salah Paham

- (gun/c11/fat)

HATI-HATI jika Anda membagikan link situs lewat media sosial. Apalagi kalau link itu Anda sertai dengan kritik terhadap apa yang ada dalam link tersebut. Ketika situs itu salah membuat konten, bisa-bisa Anda yang dicap menyebarka­n hoax.

Itulah yang terjadi dalam status Twitter musisi Addie M.S. pada 1 Februari 2018. Ketika itu Addie membagikan link

dari sebuah situs berita jurnalindo­nesia.com. Judul berita yang dibagikan ialah Ikut-ikutan Tanah Abang, PKL Sudirman Gelar Dagangan di Trotoar.

Dalam berita itu, situs Jurnal Indonesia menurunkan tulisan mengenai kebijakan Pemprov DKI Jakarta di Tanah Abang yang berdampak ke daerah lain. Keleluasaa­n terhadap PKL Tanah Abang membuat PKL di daerah Bendungan Hilir (Benhil) hingga Sudirman ikut menyerbu trotoar.

Ketika mengunggah tulisan tersebut, Jurnal Indonesia, yang mengaku mengutip beritanya dari Media Indonesia, keliru memasang foto. Foto yang dipasang adalah PKL yang berjualan di sepanjang Jalan M.H. Thamrin saat car free night

pada malam tahun baru 31 Desember 2017. Foto itu didapat dari portal berita kompas.com. Judulnya PKL Padati ”Car Free Night” Sudirman-Thamrin.

Ketika menyebarka­n link dari situs Jurnal Indonesia, Addie pun menyelipka­n kritik terhadap Pemprov DKI Jakarta. ”Setelah Tanah Abang, skrg Jl. Sudirman dihiasi PKL. Selamat datang kembali, becak. Berikutnya, apa lagi? Telur asin di KRL, delman di jalan raya, mungkin.”

Sontak, kicauan Addie di Twitter itu mendapat kritik banyak netizen. Apalagi, Addie selama ini memang dikenal progubernu­r DKI Jakarta sebelum Anies Baswedan.

Nah, setelah mendapat kritik dari banyak netizen karena dianggap menyebarka­n hoax, foto Jurnal Indonesia pun diubah. Ketika foto dari berita Jurnal Indonesia berubah, tampilan link di status Addie pun otomatis ikut berubah. Tapi, netizen telanjur meng-capture link berita dengan foto yang keliru.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia