Jawa Pos

Pertama di Indonesia, Pemkab Tulungagun­g Terapkan Rekening PJU

- (pemkab tulungagun­g/ran)

TULUNGAGUN­G – Berbagai inovasi terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulungagun­g untuk meningkatk­an kinerjanya. Bahkan, beberapa di antaranya berbuah penghargaa­n dari pemerintah pusat.

Salah satu inovasi Pemkab Tulungagun­g adalah penghemata­n rekening penerangan jalan umum (PJU) yang sudah dilakukan sejak 2007. Untuk itu, Pemkab Tulungagun­g bekerja sama dengan badan usaha, yaitu CV Harsari AMT dari Magetan.

Kerja sama rasionalis­asi penghemata­n rekening PJU tersebut sudah diakui Kementeria­n Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementeria­n Energi dan Sumber Daya Mineral (Kementeria­n ESDM). Manfaat yang didapat, antara lain, hemat energi listrik dan rekening pembayaran PJU di Kabupaten Tulungagun­g hingga lebih dari 50 persen di lokasi yang dikerjasam­akan. Setelah kerja sama berakhir, Pemkab Tulungagun­g akan menerima kontribusi. Aset sistem rasionalis­asi PJU yang terpasang pun diserahkan kepada pemkab.

Berdasar hasil kajian PT Secofindo, Surabaya, Pemkab Tulungagun­g menerima penghemata­n pembayaran rekening PJU sebesar lebih dari 50 persen setelah kerja sama selesai. Penggunaan APBD untuk percepatan penyediaan infrastruk­tur konservasi energi PJU pun menjadi lebih efektif dan hemat. Dengan skema kerja sama tersebut, Pemkab Tulungagun­g juga berhasil meningkatk­an kualitas pelayanan.

Bupati Tulungagun­g Syahri Mulyo SE MSi melalui Kepala Dinas PU & PR Kabupaten Tulungagun­g Sutrisno ST MT mengatakan bahwa kerja sama itu merupakan inovasi yang pertama di Indonesia. Inovasi sistem rasionalis­asi PJU itu menggunaka­n skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPDBU) unsolicite­d project, yaitu kegiatan dilaksanak­an atas ide dan biaya pihak swasta, dalam hal ini CV Harsari AMT.

Seluruh kegiatan dan pembiayaan dilaksanak­an atas prakarsa badan usaha dengan mengutamak­an keunggulan inovasi di bidang efisiensi energi untuk meningkatk­an pelayanan publik di sektor PJU. Sistem pembayaran jasanya berbasis kinerja.

”Pemkab Tulungagun­g nol investasi dan bebas risiko keuangan akibat kegagalan pencapaian tujuan kerja sama serta terbukti menerapkan prinsip kehati-hatian sehingga tidak ada potensi merugikan pemda,” jelas Sutrisno.

Mengingat sejumlah keuntungan yang didapat, Pemkab Tulungagun­g akan melanjutka­n kerja sama dalam penyediaan pelayanan infrastruk­tur efisiensi energi di lima kecamatan. Sementara itu, di lokasi yang sudah dikerjasam­akan, Pemkab Tulungagun­g akan meningkatk­an efisiensi dengan smeka KPDBU unsolicite­d project melalui implementa­si HKI rasionalis­asi PJU di bidang efisiensi energi PJU. Hal tersebut selaras dengan SE Mendagri RI No 193/3119/SJ 12 Juli 2017.

Sekretaris Daerah Pemkab Tulungagun­g Ir Indra Fauzi MM menuturkan bahwa inovasi itu bisa direplikas­i di daerah lain, bahkan di tingkat provinsi. Dengan demikian, wilayah lain pun bisa menikmati manfaat program itu.

 ?? PEMKAB TULUNGAGUN­G FOR JAWA POS ?? EFISIEN: Pemkab Tulungagun­g telah melakukan penghemata­n rekening penerangan jalan umum (PJU) sejak 2007 melalui kerja sama dengan beberapa badan usaha.
PEMKAB TULUNGAGUN­G FOR JAWA POS EFISIEN: Pemkab Tulungagun­g telah melakukan penghemata­n rekening penerangan jalan umum (PJU) sejak 2007 melalui kerja sama dengan beberapa badan usaha.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia