Jawa Pos

Hanya PKPI Yang Tak Lolos

Hasil Verifikasi Partai Se-Jatim

-

SURABAYA – Selesai sudah proses verifikasi partai politik (verpol) peserta Pemilu 2019 di wilayah Jatim. Hasilnya, dari 16 parpol peserta, ada satu partai yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS), yakni PKPI.

Penyebabny­a, partai tersebut tidak memenuhi syarat minimal 75 persen kelolosan di seluruh kabupaten/kota. Sementara itu, parpol lainnya dinyatakan memenuhi syarat. Meskipun, beberapa parpol tidak lolos verifikasi di tingkat kabupaten/kota.

Hal itu terungkap dari rapat pleno terbuka rekapitula­si hasil verpol tingkat kabupaten/kota se-Jatim di Surabaya kemarin. Rapat yang dipimpin Ketua KPU Jatim Eko Sasmito itu diikuti oleh seluruh komisioner KPU kabupaten/kota se-Jatim serta perwakilan parpol. Hadir pula Komisioner Bawaslu Jatim Aang Kunaifi.

Dalam rapat tersebut, seluruh KPU kabupaten/kota melaporkan hasil verifikasi di masingmasi­ng wilayahnya. Setelah itu, seluruh laporan tersebut direkapitu­lasi. ”Setelah proses ini selesai, hasil rekapitula­si ini kami sampaikan ke KPU pusat,” kata Eko Sasmito.

Sebanyak 38 KPU kabupaten/ kota memaparkan hasil verifikasi terhadap seluruh parpol. Hasilnya, dari 16 partai itu, hanya PKPI yang tidak memenuhi syarat. Sebab, partai tersebut hanya lolos verifikasi di 27 wilayah.

Jika dipersenta­se, partai itu cuma memenuhi 71,05 persen syarat kelolosan verifikasi tingkat kabupaten/kota. Padahal, berdasar ketentuan, setiap parpol harus lolos verifikasi minimal 75 persen dari seluruh wilayah Jatim.

Partai-partai lainnya dinyatakan memenuhi syarat. Meski demikian, tidak semuanya lolos verifikasi di tingkat kabupaten/kota. Tercatat ada tiga parpol yang tingkat kelolosann­ya tidak sampai 100 persen. Ketiganya adalah PBB (89,47 persen), Garuda (94,74 persen), serta PSI (92,11 persen).

Komisioner KPU Jatim M Arbayanto mengatakan, tiga parpol itu tetap dinyatakan lolos karena sudah memenuhi syarat minimal. ”Sebab, ketiganya sudah melebihi 75 persen di tingkat kabupaten/ kota,” katanya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia