Jawa Pos

Sungai Grindulu Meluap, Lima Desa Banjir Batu

Puluhan KK Mengungsi, Sederet Fasum Rusak Berat

-

MADIUN – Ratusan ton batu hanyut setiap anak Sungai Grindulu meluap. Aneka bebatuan itu pun beragam ukuran. Mulai sekepalan tangan orang dewasa hingga berdiamete­r lebih besar. Material tersebut kerap merusak permukiman dan lahan pertanian. ’’Setiap hujan deras, pasti ada material yang ikut. Air sungai juga berubah kecokelata­n,’’ kata Sudarno.

Warga Wonosari, Karangrejo, itu mengatakan, selain faktor cuaca, manusia ikut andil. Banyaknya batu yang terseret imbas dari pembanguna­n Waduk Tukul di hulu sungai. Material limbah yang diletakkan di bibir sungai diduga terbawa arus saat banjir datang. ’’Ada juga yang terseret arus seperti material bangunan gusuran,’’ jelas pria 54 tahun itu.

Banjir batu juga mengakibat­kan sekitar 28 kepala keluarga (KK) mengungsi. Selain merusak rumah, banjir melumpuhka­n sarana dan prasarana desa. Meliputi pondok bersalin desa (polindes), jembatan, talut, jalan, serta taman kanakkanak. Secara darurat, warga yang berobat kini harus dialihkan ke puskemas pembantu (pustu) di desa setempat. ’’Kerusakan itu terjadi sejak banjir bandang akhir November lalu,’’ tuturnya.

Tetapi, banjir juga membawa berkah. Banyaknya bebatuan yang terseret arus menggoda sebagian warga beralih menjadi pengumpul batu. Demikian juga, tanggul yang terdampak kini mulai diperbaiki dengan pembuatan talut bronjong baru. ’’Semoga banjir tidak lagi masuk rumah-rumah,’’ harapnya.

Camat Arjosari Ichwan menegaskan, banjir yang terjadi kemarin (11/2) juga menimpa beberapa desa di Kecamatan Arjosari. Di antaranya, Mlati, Sedayu, Arjosari, serta Tremas. Pihak kecamatan telah menerjunka­n petugas trantib setempat untuk memantau perkembang­an terkini sembari mengawal pengungsia­n warga. ’’Berapa total dampak kerusakann­ya belum bisa kami perinci,’’ katanya.

Derasnya guyuran hujan Minggu sore kemarin juga mengisolas­i akses Pacitan– Ponorogo. Jalan di Dusun Krajan, Desa Greco, Kecamatan Tegalombo, itu tertutup material dari longsoran tebing di utara jalan. Insiden tersebut mengakibat­kan antrean kendaraan dari dua arah berlawanan mengular ratusan meter.

 ?? JAWA POS RADAR MADIUN ?? TERDAMPAK: Anak Sungai Grindulu meluap kali ketiga. Banyak batu di sungai yang terbawa banjir hingga ke permukiman warga.
JAWA POS RADAR MADIUN TERDAMPAK: Anak Sungai Grindulu meluap kali ketiga. Banyak batu di sungai yang terbawa banjir hingga ke permukiman warga.
 ?? JAWA POS RADAR MADIUN ?? BELUM AMAN: Hujan deras juga mengisolas­i akses Pacitan–Ponorogo di Tegalombo.
JAWA POS RADAR MADIUN BELUM AMAN: Hujan deras juga mengisolas­i akses Pacitan–Ponorogo di Tegalombo.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia