Jawa Pos

Percaya Diri Songsong Liga 3

-

SIDOARJO – Kualitas Deltras Sidoarjo memang jauh di bawah Barito Putera. Klub berjuluk The Lobster itu hanya menjadi klub Liga 3 dengan komposisi pemain lokal dengan rata-rata usia masih muda. Bandingkan dengan lawannya yang kontestan di Liga 1 dan punya deretan pemain nasional serta asing.

Ternyata, dengan kekuatan pemain yang rata-rata di bawah usia 23 tahun, Deltras bisa membuat Barito Putera bekerja ekstrakera­s mengalahka­n mereka di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, kemarin. Barito Putera yang dilatih Jacksen F. Tiago hanya menang dua gol tanpa balas.

Dengan dukungan 8 ribu penonton sebagai perayaan ulang tahun ke-17 Deltamania, sebutan fans Deltras, Barito Putera memenangi pertanding­an melalui gol Paulo Sitanggang pada menit ke-19 dan Douglas Packer (47’). Padahal, pada babak kedua, Barito Putera memainkan para pemain utamanya.

’’Saya mengapresi­asi Deltras Sidoarjo dan Deltamania yang hadir di stadion tadi (kemarin, Red). Atmosfer pertanding­an yang terbentuk sudah layaknya laga kompetitif di Liga 1, mulai dari tekanan suporter ke pemain kami hingga gaya permainan Deltras yang memberikan perlawanan keras,’’ ujar pelatih Barito Putera Jacksen F. Tiago.

Meski mengalami kesulitan, Jacksen memuji penampilan pasukannya. Sebab, tekanan yang diberikan suporter lawan cukup kuat. ’’Catatan saya di laga tadi, pemain harus lebih pintar mengontrol diri dalam situasi tertekan,’’ tambah Jacksen terkait dengan laga kemarin yang diwarnai dengan delapan kartu kuning.

’’Materi yang kami punya saat ini saya rasa sudah lebih dari cukup. Saya pun sudah punya gambaran tim untuk Liga 1 mendatang. Sekarang tinggal memoles mereka untuk bisa sampai di level permainan kompetitif,’’ tutur pria yang pernah bermain dan melatih Persebaya tersebut.

Di sisi lain, pelatih Deltras Sidoarjo Hanafi mengapresi­asi penampilan anak asuhnya yang tak ingin kalah sebelum bertanding. ’’Dapat dilihat di pertanding­an tadi (kemarin, Red) anak-anak mampu memberikan perlawanan ke Barito Putera yang levelnya jauh di atas kami,’’ ujarnya.

’’Mungkin akan ada tambahan striker yang bisa konversi peluang dan penjaga gawang nantinya. Kami masih terus mencari untuk menutup kekurangan tim kami,’’ imbuh mantan pelatih Persegres Gresik United dan Perseru Serui itu. Menurut dia, kekuatan Deltras saat ini sudah siap untuk menyongson­g Liga 3.

Senada dengan Hanafi, Manajer Deltras Sidoarjo Ikhwan Irianto pun melihat ada sedikit kekurangan di timnya. ’’Yang jelas tim ini sudah baik saat ini, tapi kami selalu ingin lebih baik,’’ tambahnya.

Berikutnya, Deltras masih memiliki beberapa agenda uji coba. Mereka akan menghadapi tim Liga 2 Persigo Semeru FC. Mereka akan bermain dua kali. Deltras bertandang ke Lumajang pada 14 Februari dan kemudian menjadi tuan rumah pada 17 Februari di Gelora Delta, Sidoarjo. (yan/c19/ham)

 ?? GALIH COKRO/JAWA POS ?? TETAP SETIA: Para pemain Deltras memberikan penghormat­an kepada Deltamania yang merayakan ulang tahun ketujuh setelah pertanding­an melawan Barito Putera di Gelora Delta, Sidoarjo (11/2).
GALIH COKRO/JAWA POS TETAP SETIA: Para pemain Deltras memberikan penghormat­an kepada Deltamania yang merayakan ulang tahun ketujuh setelah pertanding­an melawan Barito Putera di Gelora Delta, Sidoarjo (11/2).
 ?? GALIH COKRO/JAWAPOS ?? PERLAWANAN: Striker Barito Putera Douglas Packer (kiri) berduel dengan pemain Deltras David Nur Cahyo dalam uji coba kemarin.
GALIH COKRO/JAWAPOS PERLAWANAN: Striker Barito Putera Douglas Packer (kiri) berduel dengan pemain Deltras David Nur Cahyo dalam uji coba kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia