Jawa Pos

Minta Karoseri Perbaiki Dua Mobil Tahanan

- (deb/c6/git)

SURABAYA – Dua mobil tahanan milik pemkot yang dipinjampa­kaikan ke Kejari Surabaya dan Kejari Tanjung Perak belum bisa digunakan. Namun, mereka memastikan kondisi dua mobil tahanan itu baik dan layak digunakan. Tinggal menunggu perbaikan dari pihak karoseri.

Pemkot menjelaska­n bahwa pengadaan dua mobil tahanan tersebut sudah melalui prosedur yang tepat. Kepala Bagian Layanan Pengadaan dan Pengelolaa­n Aset Noer Oemarijati menerangka­n bahwa dalam perubahan anggaran keuangan (PAK), memang sudah ada pengadaan bus tahanan. ”Kejari sudah melengkapi administra­si perjanjian pinjam pakai pada Januari. Tapi, serah terimanya sejak Desember,” terang Noer kemarin (10/2).

Setelah lelangnya dimenangka­n oleh perusahaan pengadaan kendaraan bermotor, bus tahanan itu kemudian diproduksi oleh karoseri atau industri fisik kendaraan. Noer menjelaska­n, pihak karoseri kemudian berkewajib­an melakukan perawatan selama masa satu tahun sejak serah terima. ”Kalau dalam perjalanan­nya (bus tahanan) rusak sehingga butuh perawatan, bisa melalui karoseri yang ditunjuk,” lanjut Noer.

Pemkot juga mengimbau agar karoseri yang bertanggun­g jawab betul-betul maksimal dalam melakukan perawatan dan perbaikan bus. Noer menuturkan, sempat ada masalah fisik pada badan bus tahanan tersebut akibat insiden di jalan. Dia pun meminta agar pihak karoseri bertanggun­g jawab untuk merapikan bus sesuai spesifikas­i yang dibutuhkan kejari. ”Sekarang ini masih di karoseri, rencananya Rabu diserahkan lagi ke kejari,” jelasnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia