Jawa Pos

Sistem Handheld di Empat Titik

Lebih Efisien daripada Parkir Meter

- (elo/c7/git)

SURABAYA – Pemkot bakal menerapkan sistem parkir baru tahun ini. Yakni, handheld atau mekanisme parkir dengan menggunaka­n sistem komputeris­asi. Tujuannya, memudahkan masyarakat mendapatka­n jasa parkir ketika bepergian.

Rencananya, sistem handheld diterapkan di empat lokasi parkir tepi jalan umum. Yakni, di Jalan Kembang Jepun, Jalan Embong Malang, Jalan Kertajaya, dan Jalan Nyamplunga­n. ”Empat lokasi parkir tersebut dipilih karena memiliki potensi pemasukan yang besar,” terang Kepala UPTD Parkir Tepi Jalan Umum Dinas Perhubunga­n Tranggono

Wahyu Wibowo.

Dengan sistem handheld, pendapatan parkir diharapkan bisa lebih tinggi. Sistem handheld

itu mirip dengan parkir meter di Jalan Sedap Malam dan Taman Bungkul. Bedanya, sistem handheld lebih praktis karena alatnya bisa dibawa langsung oleh para jukir di lapangan.

Ketika ada kendaraan yang akan parkir, jukir tinggal mendatangi­nya. Kemudian, mencatat nomor kendaraan di alat yang besarnya seukuran telepon genggam. Setelah dicatat, para pengguna parkir tinggal membayar. Bisa tunai maupun nontunai melalui kartu. ”Untuk kartu, nanti tinggal ditempelka­n ke alat,” jelasnya.

Setelah transaksi rampung, jukir memberikan bukti parkir kepada pemilik kendaraan. Melalui sistem tersebut, aktivitas parkir juga bisa langsung dikontrol oleh dishub sehingga meminimalk­an kebocoran tran- saksi parkir.

Selain itu, penerapan teknologi

handheld dinilai lebih efisien daripada parkir meter. Harga satu set alat handheld hanya Rp 14 juta–Rp 22 juta. Harga tersebut jauh lebih murah daripada parkir meter yang mencapai Rp 124 juta per unit.

Terkait realisasi sistem tersebut, Tranggono mengatakan bakal diterapkan mulai September. Untuk mekanismen­ya, dishub akan bekerja sama dengan pihak ketiga. Tranggono optimistis penerapan sistem parkir handheld lebih efisien karena lebih mudah digunakan dan praktis. ”Sistem

handheld untuk parkir juga sudah diterapkan di Prancis dan Italia,” terangnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia