Jawa Pos

Ngeyel Berjualan di Trotoar, PKL Dihukum Ngepel

- (hen/c18/any)

SURABAYA – Riyadi terus menunduk saat dimarahi petugas Satpol PP Surabaya kemarin (11/2). Lelaki itu mengakui kesalahann­ya. Gara-gara nekat berjualan di jalur pedestrian di Jalan Pahlawan, dia kena hukuman. Yakni, membersihk­an tempatnya berjualan.

Riyadi harus mengepel jalur pedestrian sampai kinclong. Pedagang sate tersebut tak bisa lari karena diawasi petugas. ’’Kami berkali-kali menegur, tapi tak digubris,’’ ungkap Kepala Seksi Pelatihan Dasar Bidang Pengembang­an Sumber Daya Satpol PP Surabaya Dwi Hargianto. Menurut dia, sisa kecap dari dagangan Riyadi membuat licin jalur pejalan kaki. Bahkan, ada petugas yang nyaris terpeleset.

Penertiban jalur pedestrian dilakukan di beberapa titik. Selain Jalan Pahlawan, petugas mendatangi kawasan Petekan. Satpol PP masih menemukan pedagang yang bandel.

’’Larangan berjualan di trotoar sudah ditegaskan. Namun, sebagian masih nekat,’’ ucap Dwi. Dia melanjutka­n, para pedagang sering kucing- kucingan. Mereka lari saat ada petugas.

Berdasar pantauan, jalur pedestrian yang disalahgun­akan tidak hanya berada di Jalan Pahlawan. Pemilik kendaraan roda empat sering parkir di trotoar Jalan Demak. Mereka seolah-olah tak memedulika­n rambu larangan. ’’Kami akan berkoordin­asi untuk menertibka­n,’’ ujar Dwi.

Karena trotoar dipakai parkir, pejalan kaki sulit beraktivit­as. Mereka lantas berjalan di jalan raya yang berujung pada kemacetan.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? GOSOK TERUS: Sambil ditunggui petugas satpol PP, Riyadi membersihk­an trotoar tempatnya berjualan sate di Jalan Pahlawan. Kemarin satpol PP memang merazia beberapa jalur pedestrian yang digunakan untuk berdagang. Salah satunya, di kawasan Petekan yang...
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS GOSOK TERUS: Sambil ditunggui petugas satpol PP, Riyadi membersihk­an trotoar tempatnya berjualan sate di Jalan Pahlawan. Kemarin satpol PP memang merazia beberapa jalur pedestrian yang digunakan untuk berdagang. Salah satunya, di kawasan Petekan yang...
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia