Jawa Pos

Tertangkap karena Ditinggal Teman Kabur

- (bin/c20/ady)

SURABAYA – Hendra Saputra kini harus meratapi nasibnya di penjara. Tersangka pencurian dengan kekerasan itu dibekuk ketika melakukan aksinya pada Selasa (6/2). Konyolnya, pemuda 20 tahun tersebut ditangkap karena ditinggal oleh dua rekannya yang melarikan diri.

Kejadian itu bermula ketika Hendra sedang mencari mangsa di Jalan Kalianyar. Jam menunjukan pukul 23.45 ketika dia dan dua rekannya beraksi. Saat itu Hendra beraksi sebagai eksekutor. Sementara itu, rekannya bertindak sebagai joki dan penumpang. Mereka berbonceng­an tiga.

Formasi tersebut dipilih lantaran Hendra dianggap paling gesit. Ukuran badan Hendra yang semampai menjadi alasannya. ’’Ini baru sekali Pak, masih coba-coba,’’ ujar Hendra lirih saat ditemui di Mapolsek Genteng.

Mereka melihat sasaran empuk ketika melewati Jalan Kalianyar. Seorang perempuan berjalan kaki di pinggir jalan. ’’Waktu itu dia (korban, Red) sedang main HP di pinggir jalan,’’ jelas warga Jalan Tenggumung Baru tersebut.

Tanpa basa-basi, Hendra merampas HP itu. Ketika sadar HP-nya sudah berpindah tangan, korban berteriak meminta tolong. Nahas bagi Hendra, ada polisi yang sedang berpatroli.

Aksi kejar-kejaran menjelang pergantian hari pun terjadi. Hendra berlari ke arah sepeda motor dan dua rekannya. Tetapi, dua rekannya memilih menyelamat­kan diri lebih dulu. ’’Lah kok dia ditinggal sama temannya. Ya sudah tambah gampang menangkapn­ya,’’ ucap Kapolsek Genteng Kompol Ari Trestiawan saat rilis kemarin (11/2).

Polisi masih memburu dua pelaku lainnya. Mereka diduga tinggal di dekat rumah Hendra. Meskipun begitu, polisi enggan mengungkap­kan inisial dua tersangka tersebut. ’’Nanti saja lah kalau semuanya sudah tertangkap,’’ ungkap Ari.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia