Jawa Pos

Anak dan Cucu Jadi Bintang

Cara Soetartini Soekarno Rayakan Hari Jadi Ke-80

- (via/c15/tia)

SURABAYA – Kemeriahan pesta yang dihelat di Rama Ballroom Hotel Wyndham Surabaya City Center begitu terpancar Sabtu malam (10/2). Para undangan diajak menikmati pesta ulang tahun ke-80 Soetartini Soekarno, founder PT Dharma Lautan Utama. Mulai keluarga besar, kerabat, kolega, sampai para sahabat turut memeriahka­n pesta yang mengambil dekorasi bertema pewayangan tersebut.

Keluarga Soetartini memang selalu berupaya melestarik­an budaya Jawa. Tidak heran jika pembuka acara itu diisi fragmen wayang orang yang menceritak­an sepenggal kisah Raden Gatotkaca dan Srikandi. Uniknya, pemeran utama dalam teater tersebut adalah dua di antara enam anak Soetartini.

Bambang Eddy Seoprapto menjelma menjadi kesatria Gatotkaca. Adapun karakter Srikandi dimainkan putri keempat Soetartini, Dewi Listiowati. Selain keduanya, hadir dengan lengkap anakanak Soetartini. Yakni, Bambang Soengging Surjasmoro, Bambang Haryo Soekartono, Ratnanings­ih Endang Suratini, dan Ratna Dewi Listiyanin­gsih.

Penampilan pembuka yang spesial itu menjadi bukti bahwa upaya membahagia­kan sang ibu bukan hanya dari segi materi. ’’Ibu paling suka kalau melihat anak-anaknya masih mau tampil dengan budaya leluhur Jawa. Jadi, penampilan ini ya bisa dibilang kado juga buat ibu,’’ kata Dewi setelah tampil. Dia belajar dari ibunya bahwa Srikandi merupakan sosok perempuan pemberani, tetapi tetap memiliki hati yang lembut.

Bukan hanya Eddy dan Dewi yang mempersemb­ahkan penampilan untuk mengguratk­an senyum di bibir Soetartini. Empat di antara 20 cucu perempuan yang malam itu tampil ayu dengan busana warna oranye membentuk grup vokal dengan nama The Four Sisters. Keempatnya adalah putri Ratnanings­ih, putri kelima Soetartini.

Mereka adalah Fadhila Intan Permata Sari, Safira Putri Kusumaning­ayu, Erina Surviva Maulidiana, dan Corraina Mutiara Alifahdewi. Empat cucu Soetartini yang gemar bernyanyi itu menggabung­kan lima lagu dari film The Greatest Showman dan menampilka­n pertunjuka­n yang keren.

Setelah rangkaian penampilan keluarga, dilangsung­kan pesta seremonial pemotongan kue. Soetartini dengan dibantu putra-putrinya perlahan meniup lilin berbentuk angka 80 di atas kue. Harapan pun tercurah agar anak-anaknya bisa terus hidup dengan jalan yang baik dan sejahtera.

Setelah itu, para bintang tamu menghibur tamu undangan. Mulai kehadiran Booby Tince hingga Teti Kadi, salah seorang penyanyi favorit ibu. ’’Saya tahu sekali kalau ibu suka lagu Sepanjang Jalan Kenangan sama Mawar,’’ kata Teti. Keduanya lantas berduet.

 ?? ALLEX QOMARULLAH/JAWA POS ?? CERIA: Soetartini Soekarno (dua dari kiri, duduk) saat dimintai pendapat mengenai pesta ultahnya.
ALLEX QOMARULLAH/JAWA POS CERIA: Soetartini Soekarno (dua dari kiri, duduk) saat dimintai pendapat mengenai pesta ultahnya.
 ?? ALLEX QOMARULLAH/JAWA POS ?? TRADISI: Demi melestarik­an budaya Jawa, para penampil di ultah Soetartini Soekarno mengenakan busana tradisiona­l kebaya lengkap dengan jarit dan konde.
ALLEX QOMARULLAH/JAWA POS TRADISI: Demi melestarik­an budaya Jawa, para penampil di ultah Soetartini Soekarno mengenakan busana tradisiona­l kebaya lengkap dengan jarit dan konde.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia