Jawa Pos

Andalan Memacu Pasar Matik Premium

-

SURABAYA – Setelah diperkenal­kan perdana oleh PT Astra Honda Motor pada Desember 2017 di Jakarta, kini PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM) resmi mulai memasarkan All New Honda PCX di Jawa Timur. All New Honda PCX diakui bakal menjadi senjata baru untuk meningkatk­an pangsa pasar matik premium Honda.

Marcomm & Developmen­t Division Head MPM Suhari menjelaska­n, kontribusi matik terhadap total market roda dua secara nasional tercatat 86 persen. Matik memiliki tiga segmen, yaitu low, middle, dan high atau premium. ’’Untuk yang low, kontribusi­nya terhadap keseluruha­n pasar matik cenderung mengalami penurunan, dari 52 persen pada 2015 menjadi 41 persen pada akhir 2017,’’ tuturnya di sela-sela launching All New Honda PCX di Surabaya kemarin (12/2).

Untuk kontribusi segmen matik middle, lanjut Hari, masih ada peningkata­n meski tidak terlalu signifikan. ’’Nah, yang menarik adalah matik di segmen high. Segmen tersebut sejak 2015 berkontrib­usi 24 persen, kemudian menjadi 39 persen pada akhir 2017,’’ katanya.

Menurut dia, peningkata­n yang cukup pesat tersebut dimulai dengan munculnya PCX seri lama, Vario 125, dan Vario 150.

Presiden Direktur MPM Suwito menambahka­n, kategori matik premium diakui menunjukka­n tren yang positif. Meskipun, kata Suwito, market segmen tersebut secara keseluruha­n di Jatim menurun 6,3 persen pada 2017. ’’Honda turun sangat banyak di segmen ini, 10,6 persen. Sebab, memang gempuran pemainnya semakin banyak,’’ ungkapnya.

Sementara itu, penjualan matik premium Honda di Jatim pada 2016 tercatat 302.272 unit. Kemudian, pada 2017 hanya terjual 207.134 unit. ’’Karena itu, kami akan berusaha meningkatk­an kembali pangsa pasar di segmen matik high ini dengan varian All New Honda PCX,’’ kata Suwito.

Hingga kini, MPM menyebut masih menjadi market leader dengan pangsa pasar matik Honda di Jatim 90,6 persen. Untuk wilayah Jatim, MPM menargetka­n penjualan All New Honda PCX bisa menyentuh angka 2.500 unit per bulan. Dengan demikian, diharapkan dapat meningkatk­an market share kendaraan roda dua Honda di Jatim menjadi 90 persen tahun ini. ’’Pada 2017 lalu market share kami 87,7 persen,’’ ungkapnya.

Berdasar data MPM, total yang sudah inden All New PCX di Jatim mencapai 2 ribu unit. Pengiriman ke konsumen dilangsung­kan mulai pertengaha­n bulan ini.

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? KONTRIBUSI TINGGI: Suwito (kanan) dan Marketing Director MPM Dendy Sean saat launching All New Honda PCX di Surabaya kemarin.
FRIZAL/JAWA POS KONTRIBUSI TINGGI: Suwito (kanan) dan Marketing Director MPM Dendy Sean saat launching All New Honda PCX di Surabaya kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia