Jawa Pos

Turis Tiongkok Mendominas­i, Wisatawan Indonesia Tumbuh Pesat

Wisata Kapal Pesiar Makin Diminati di Asia Tenggara

-

Liburan mewah menggunaka­n kapal pesiar makin booming di AsiaPasifi­k. Hal itu didukung makin siapnya infrastruk­tur plus fasilitas menarik yang disiapkan perusahaan kapal pesiar (cruise line). Berikut pengalaman wartawan Jawa Pos Andreswari Widianings­ih yang baru pulang cruising.

PADA 21 Januari 2018, kapal pesiar mewah Genting Dream bertolak dari pelabuhan. Pelanpelan, kapal yang mengangkut 3.352 penumpang dan 2.000 kru itu berlayar menelusuri perairan Indonesia serta mampir di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, dan Celukan Bawang, Bali Utara. Lalu, kembali ke Singapura dan berlabuh lagi pada 26 Januari lalu.

Rute Singapura–Surabaya–Bali Utara–Singapura merupakan rute baru yang dibuka Genting Dream Cruises pada awal Desember 2017. Senior Vice President Internatio­nal Sales of Genting Cruise Lines Michael Goh mengungkap­kan, rute tersebut dibuka setelah melihat pertumbuha­n pasar wisatawan kapal pesiar di Indonesia cukup menjanjika­n.

Selain itu, kedua pelabuhan yang disinggahi di Indonesia memiliki kesiapan infrastruk­tur untuk menyambut kapal pesiar berukuran besar. Genting Dream memiliki bobot 150.069 ton yang terbagi menjadi 19 decks dan 1.674 staterooms.

’’Banyak destinasi menarik di Surabaya dan Bali Utara. Melalui perjalanan kali ini, kami mengajak tamu untuk mengunjung­i karapan sapi dan berbagai tempat wisata menarik di Bali Utara seperti Pura Ulun Danu,’’ papar Goh. ’’Respons tamu sangat positif. Sebab, banyak yang belum pernah mengunjung­i tempat-tempat itu,’’ lanjut dia.

Di sela-sela cruising, Goh menunjukka­n bahwa pasar wisatawan kapal pesiar sangat menjanjika­n. Dari presentasi­nya, selama periode 2012–2020, pertumbuha­n jumlah penumpang kapal pesiar di Asia-Pasifik diperkirak­an mencapai 29,3 persen per tahun. Dari 1,3 juta penumpang pada 2012 menjadi 3,8 juta penumpang pada 2020. Dari jumlah tersebut, 1 juta di antaranya berasal dari Tiongkok. Disusul oleh Singapura, Taiwan, Jepang, Hongkong, dan India.

Di Indonesia, pihaknya akan membuka destinasi baru lagi. ’’Kami juga berencana mengunjung­i Medan meski dengan menggunaka­n kapal ini,’’ ucap Goh. Pemilihan pelabuhan-pela- buhan tersebut didukung oleh kesiapan pemerintah yang menyediaka­n infrastruk­tur serta atraksi wisata dan budaya khas.

Saat ini Genting Dream Cruises memiliki beberapa rute. Antara lain, Singapura–Port Klang–Penang– Phuket–Singapura. Untuk jenis perjalanan yang ditawarkan pun, ada yang tiga hari dua malam.

Selain menawarkan pilihan destinasi, fasilitas mewah nan lengkap menjadikan kapal dengan panjang 335 meter dan lebar hampir 40 meter tersebut seperti kota mandiri. Ada berbagai pilihan kamar atau disebut stateroom mulai yang paling praktis (inside stateroom) dengan kapasitas 2–3 orang per kamar hingga palace villa yang memiliki fasilitas private whirlpool spa

dan butler service.

Beragam aktivitas bisa dilakukan di kapal mewah buatan Jerman yang baru berusia 1 tahun itu. Ada sportflex untuk bermain basket, mini golf course, rock climbing wall, waterslide park, maupun ropes course and zip line. Kalau mau party, penumpang bisa menuju Zouk Beach Club dan kalau ingin fine dining bisa ke Bistro by Mark Best. Sejumlah hiburan kelas dunia seperti China’s Got Talent dan Voyage of Lover’s Dream, live show yang merupakan Dream Cruises signature production show, digelar di sana.

Marketing Manager Genting Cruise Line Indonesia Hari Susanto optimistis bisa mencapai pertumbuha­n double digit dari sisi penumpang asal Indonesia tahun ini. ’’Segmen yang memilih kapal pesiar tidak saja untuk liburan keluarga atau pasangan. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan seperti MICE (meeting, incentives, conference, and exhibition), bahkan pesta pernikahan,’’ ucapnya.

 ?? ANDRESWARI WIDIANINGS­IH/JAWA POS ?? AJAK LIBURAN: Kapal Genting Dream dengan fasilitas superlengk­ap.
ANDRESWARI WIDIANINGS­IH/JAWA POS AJAK LIBURAN: Kapal Genting Dream dengan fasilitas superlengk­ap.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia