Jawa Pos

Terbaru, Pemprov Buka SMA Kedirganta­raan

-

SURABAYA – Pemprov Jawa Timur (Jatim) terus melakukan terobosan dalam bidang pendidikan. Khususnya pendidikan vokasi di tingkat SMA/SMK. Yang terbaru, Pemprov Jatim bersama TNI-AU sepakat membuka SMA jurusan kedirganta­raan.

Pada tahap awal, sekolah yang ditunjuk adalah SMAN 3 Madiun. Sekolah itu diberi nama SMAN 3 Taruna Angkasa. Bukan sekadar pendidikan formal, sekolah tersebut diset layaknya sebuah boarding school.

Kemarin (12/2) kerja sama itu diresmikan dalam sebuah penandatan­ganan memorandum of understand­ing (MoU) antara Gubernur Jatim Soekarwo dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Madya Yuyu Sutisna di Gedung Negara Grahadi.

Soekarwo menyebutka­n, konsep pendidikan model itu merupakan yang kedua. Sebelumnya pemprov telah mendirikan sekolah kemaritima­n di Malang hasil kerja sama dengan TNI-AL. ”Di Malang sudah, Madiun sudah. Ke depan, kita berharap konsep ini bisa diterapkan di seluruh bakorwil (eks karesidena­n, Red),” katanya.

Menurut Soekarwo, pemprov menargetka­n sekolah dengan sistem itu bisa menjadi role model pendidikan di Jatim. ”Sebab, di era sekarang, pendidikan bukan hanya lagi tentang pembelajar­an akademik. Tapi juga membentuk karakter dan kedisiplin­an anak didik,” tuturnya.

Karena itu, konsep sekolah tersebut sangat cocok jika mengganden­g institusi TNI-Polri. ”Sebab, dua institusi itu sudah terbukti bisa menghasilk­an generasi yang disiplin, berwawasan, dan punya prinsip kebangsaan kuat,” ucapnya.

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? SINERGI: Dari kiri, Aspers KSAU Marsda TNI Anas Sumadi, KSAU Marsekal Madya Yuyu Sutisna, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, dan Pangdam V/Brawijaya Mayjen Arif Rahman di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, kemarin.
HANUNG HAMBARA/JAWA POS SINERGI: Dari kiri, Aspers KSAU Marsda TNI Anas Sumadi, KSAU Marsekal Madya Yuyu Sutisna, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, dan Pangdam V/Brawijaya Mayjen Arif Rahman di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia