Jawa Pos

Mandul setelah 15 Bulan

-

BARCELONA – Ekspresime­n Ernesto Valverde di lini pertahanan cukup berhasil. Duet Yerry Mina dan Lucas Digne yang dipasang sebagai bek tengah sukses membuat gawang Barcelona clean sheet. Sayang, eksperimen di unit penyeranga­n dengan memasang Paco Alcacer sebagai winger kanan dan Philippe Coutinho di kiri untuk mendukung duet Lionel Messi dan Luis Suarez gagal total. Tak ada gol yang mampu dilesakkan ke gawang Getafe pada laga di Camp Nou kemarin.

Hasil imbang tanpa gol tersebut menjadi catatan buruk bagi Barcelona. Sebab, dalam 15 bulan terakhir, itulah kali pertama unit penyeranga­n Barca gagal menjaringk­an gol.

’’Padahal, saya punya keyakinan yang tinggi bahwa saya bisa mencetak gol di pertanding­an tersebut. Sayang, itu tak terealisas­i,’’ kata Yerry setelah laga kepada Marca kemarin.

Dia memang punya peluang mencetak gol ke gawang Getafe yang dijaga Vicente Guaita. Peluang diperoleh pada menit ke-22 ketika mendapatka­n passing Luis Suarez. Sayang, tendangan Yerry mengenai punggung bek Getafe. Yang kedua terjadi pada menit ke-77 ketika sundulanny­a melenceng di atas mistar gawang.

’’Saya tahu saya akan mendapatka­n kesempatan untuk main dan mencetak gol. Setiap ada peluang tersebut seharusnya tak saya sia-siakan,’’ ucap bek yang didatangka­n dari Palmeiras di bursa transfer musim dingin dengan harga EUR 11,8 juta (Rp 197,61 miliar) itu.

Partner Yerry di jantung pertahanan Barca, Lucas Digne, juga belum luwes dengan perannya sebagai bek tengah. Sebab, mantan pemain Paris Saint-Germain (PSG) tersebut sering beroperasi di posisi bek kiri sebagai substitusi Jordi Alba. Musim ini untuk kali pertama Digne dipasang sebagai bek tengah. Meski demikian, Valverde cukup puas.

’’Lucas (Digne) meninggalk­an kenyamanan di posisi sebelumnya dan kali ini adalah kali pertama Yerry turun sebagai starter. Itu memang bukan duet biasa, namun kami melalui laga tanpa mengalami banyak tekanan dari lawan,’’ ujar pelatih 53 tahun tersebut.

Valverde mengapresi­asi adaptasi cepat yang ditunjukka­n duet Yerry-Digne. Terutama pada babak pertama saat Getafe menunjukka­n pressing tinggi sampai daerah pertahanan mereka. ’’Tapi, kemudian keduanya bermain lebih baik. Saya senang karena mereka bisa menyatu dengan ritme tim,’’ tutur mantan pelatih Athletic Bilbao itu.

 ?? ALEJANDRO GARCIA/EPA-EFE ?? DEBUT SERI: Reaksi Yerry Mina setelah gagal memanfaatk­an peluang membobol gawang Getafe di Camp Nou kemarin dini hari WIB (12/2).
ALEJANDRO GARCIA/EPA-EFE DEBUT SERI: Reaksi Yerry Mina setelah gagal memanfaatk­an peluang membobol gawang Getafe di Camp Nou kemarin dini hari WIB (12/2).
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia