Jawa Pos

Tenggat Waktu Daftar Pemain 29 Maret

-

JAKARTA – Kickoff Liga 1 memang telah bergeser beberapa kali dan yang terbaru pada 10 Maret nanti. Tapi, soal pendaftara­n pemain, waktunya telah dipastikan oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB), yakni mulai 10 Februari dan akan berakhir pada 29 Maret.

Namun, khusus untuk pemain asing asal Asia, Chief Operation Officer (COO) PT LIB Tigorshalo­m Boboy menerangka­n, verifikasi lebih ketat. ”Kami sudah tetapkan supaya pemain yang bersangkut­an dari negara yang punya level kompetisi di atas Indonesia,” katanya.

Alasannya jelas, supaya pemain yang direkrut di Liga 1 2018 benar-benar berkualita­s. Dengan demikian, secara teknis mereka juga bisa membantu memperbaik­i kualitas kompetisi di tanah air. Sementara itu, untuk slot non-Asia, Tigor menjelaska­n tetap menerapkan kebijakan verifikasi yang sama.

”Meskipun dari Brasil, harus dilihat juga terakhir dia main di kompetisi mana,” terangnya.

Kasus Kiko Insa pada 2016 menjadi perhatian. Saat itu, kontrak Kiko harus diputus manajemen Arema FC lantaran tidak memenuhi syarat yang ditetapkan PT LIB. Itu juga menjadi perhatian manajemen Arema FC untuk menyongson­g kompetisi 2018.

Hingga saat ini, para pemain asing mereka sudah komplet. Mereka adalah Rodrigo Ost, Thiago Furtuoso, Ahmet Atayew, dan Arthur Cunha. Di antara empat pemain tersebut, hanya Rodrigo yang musim lalu tidak beredar di Liga Indonesia. Tetapi, pada 2015– 2016, pemain 29 tahun itu sempat memperkuat Mitra Kukar.

”Jadi, posisi kami masih menunggu verifikasi PT LIB. Kalau memang terbentur regulasi, ya harus diganti,” terang Ruddy Widodo, general manager Arema FC. Artinya, komposisi empat pemain asing yang dimiliki klub berjuluk Singo Edan itu tetap mendapatka­n pantauan dari manajemen.

Secara terpisah, Sekretaris Sriwijaya FC Ahmad Haris menjelaska­n, kebutuhan pemain asing mereka sudah terpenuhi.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia