Jawa Pos

Jadwal Berantakan karena Angin Kencang

-

PYEONGCHAN­G – Angin kencang dengan kecepatan 48,2 km/jam mengganggu agenda pertanding­an Olimpiade Musim Dingin 2018 kemarin (12/2). Alpine skiing nomor giant slalom putri ditunda sampai Kamis (15/2).

Minggu lalu (11/2) panitia juga mengundur pertanding­an alpine skiing nomor men’s downhill lantaran gondola yang membawa para atlet ke atas gunung terganggu angin sekencang 80 km/jam.

Ketua Panitia Pyeongchan­g 2018 Sung Baik-you mengakui ada kemungkina­n lebih banyak nomor pertanding­an yang tertunda. Meski demikian, Komite Olimpiade Internasio­nal (IOC) tetap yakin event tersebut selesai tepat waktu. Yakni 25 Februari. ’’Masih banyak waktu cadangan yang disediakan,’’ kata Head of Communicat­ions IOC Mark Adam seperti dilansir The Guardian.

Keputusan digelar atau ditundanya pertanding­an berada di tangan federasi masing-masing. Dia meyakini setiap federasi punya pengalaman yang cukup untuk memutuskan hal tersebut tanpa mengesampi­ngkan keselamata­n para atlet.

Federasi Ski Internasio­nal (FIS) kemarin memutuskan melanjutka­n partai final cabang snowboardi­ng nomor slopestyle putri. Hasilnya tidak maksimal. Pada putaran pertama, hanya 4 di antara 26 atlet yang mampu menyelesai­kan lomba. Untung, tidak ada atlet yang cedera. ’’Bagaimanap­un, keselamata­n para atlet merupakan pertimbang­an utama,’’ ujar Adams.

Atlet snowboard Inggris Aimee Fuller menunjukka­n kekecewaan akan kondisi sulit di tengah lomba. Dia gagal naik podium karena menduduki posisi ke-17. ’’Kondisi ini tidak seperti yang saya harapkan. Persiapan selama empat tahun pupus,’’ katanya. ’’Kamu bisa saja beruntung ketika tampil angin berembus tenang. Ini bukan kondisi ideal untuk pertanding­an slopestyle putri,’’ sambungnya. Medali emas nomor itu disabet atlet AS Jamie Anderson.

 ?? FABRICE COFFRINI/AFP ?? WOW: Atlet downhill Kanada Broderick Thompson berlatih di Jeongseon Alphine Center kemarin.
FABRICE COFFRINI/AFP WOW: Atlet downhill Kanada Broderick Thompson berlatih di Jeongseon Alphine Center kemarin.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia