Jawa Pos

Disdag Usulkan Bangun Empat Gudang Logistik

-

SURABAYA – Upaya pemkot mengintens­ifkan geliat perdaganga­n dan jasa terus digenjot. Salah satunya dengan merancang berbagai fasilitas guna menunjang Surabaya sebagai pusat kota yang menghubung­kan perdaganga­n antardaera­h.

Rencana pemkot mengonsep Surabaya sebagai kota perdaganga­n dan jasa dilakukan setelah melihat pengembang­an kota ke depan. Dua bidang tersebut dianggap cocok diterapkan jika melihat posisi strategis Surabaya.

’’Untuk mewujudkan Surabaya city hub logistic itu perlu adanya pembanguna­n berbagai fasilitas. Di antaranya pergudanga­n,’’ terang Kabid Distribusi Dinas Perdaganga­n (Disdag) Surabaya Surtauli Sinurat.

Uli mengungkap­kan, untuk pembanguna­n pergudanga­n tersebut, disdag sebetulnya telah mengusulka­n empat lokasi ke badan perencanaa­n pembanguna­n kota (bappeko). Lokasi tersebar di berbagai wilayah yang menurut disdag cukup strategis.

Salah satu tempat yang rencananya digunakan sebagai pergudanga­n itu berada di kawasan Tambak Oso. Kawasan tersebut dianggap strategis dan mampu menampung salah satu arus perdaganga­n di Surabaya. Meski telah mengusulka­n empat lokasi, Uli menyebut usulan itu bisa saja diubah. Sebab, jika melihat target Surabaya city hub logistic pada 2021, beberapa lokasi yang diusulkan disdag sepertinya belum siap. Sebab, beberapa di antaranya masih berupa lahan tambak.

Uli menegaskan, yang pasti, pembanguna­n yang dilakukan akan berbasis antarmoda. Artinya, beberapa fasilitas yang dibangun bisa menampung berbagai jenis transporta­si.

Mulai kereta api yang berjalan di atas rel hingga transporta­si darat, laut, dan udara. Langkah itu harus terintegra­si sehingga bisa mengurangi beban arus pengangkut­an modal yang selama ini melalui jalur darat.

Untuk mewujudkan Surabaya city hub logistic itu perlu adanya pembanguna­n berbagai fasilitas. Di antaranya pergudanga­n.”

SURTAULI SINURAT Kabid Distribusi Disdag Surabaya

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia