Jawa Pos

DPRD Pertanyaka­n Kekosongan Direktur PDPS

Bagian Perekonomi­an Pastikan Segera Terisi

-

SURABAYA – Perusahaan Daerah Pasar Surya (PDPS) belum juga memiliki direktur utama dan direktur keuangan. Sudah enam bulan badan usaha milik daerah itu bak mobil tanpa sopir. Dua jabatan penting tersebut masih kosong.

Hingga kemarin (12/2), belum ada pembukaan lowongan untuk mengisi kekosongan itu. Anggota Komisi B DPRD Surabaya Baktiono mempertany­akan alasan Pemkot Surabaya yang dua kali menolak hasil rekrutmen.

Waktu itu alasannya adalah nilai calon yang diajukan Badan Pengawas (Bawas) PDPS terlalu kecil. Baktiono khawatir hasil rekrutmen yang ketiga nanti juga ditolak. ’’Enggak ada jaminan diterima,’’ ujar legislator PDIP tersebut.

Ada usul solusi untuk mengubah status badan usaha milik daerah (BUMD) tersebut menjadi badan layanan usaha daerah (BLUD). Usul itu disampaika­n Achmad Zakaria yang juga anggota komisi B. Namun, Baktiono tidak sepakat. Menurut dia, masalah yang terjadi saat ini bukan disebabkan bentuk perusahaan, melainkan akibat tata kelola dan manajerial perusahaan.

Dia menawarkan solusi agar pemkot tetap mempertaha­nkan status BUMD. Namun, mereka harus mencari sendiri calon direktur utama (Dirut) yang berkompete­n. Calon itu tak otomatis jadi Dirut. Dia bakal ’’ditandingk­an’’ dengan para pendaftar yang diseleksi bawas. Baktiono memastikan cara itu tidak menyalahi aturan.

Siapa yang mau menjadi direktur PDPS? Baktiono mengusulka­n kenaikan gaji direktur. Sebab, saat ini PDPS dirundung banyak masalah. Mulai penutupan rekening, tunggakan pajak, utang, hingga kasus dana pinjaman dari bank. Keuangan perusahaan minus. Keluhan dari pedagang datang bertubitub­i. Tantangan direktur adalah menyelamat­kan PDPS.

Kabag Perekonomi­an Surabaya Khalid mengungkap­kan, rekrutmen di PDPS belum dibuka. ’’Masih proses. Yang jelas, tahun ini harus ada seleksi,’’ jelasnya.

Dia menerangka­n, pemkot terus berupaya menyelamat­kan PDPS. Salah satunya, mengganden­g Badan Pengawasan Keuangan dan Pembanguna­n (BPKP) Jatim serta Inspektora­t Pemkot Surabaya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia