Jawa Pos

Amankan Stok, Dinas Jemput Bola

-

SURABAYA – Dinas kependuduk­an dan pencatatan sipil (dispendukc­apil) meningkatk­an jumlah ketersedia­an blangko KTP elektronik (e-KTP). Penambahan tersebut dimaksudka­n untuk mempercepa­t proses kepemilika­n e-KTP warga metropolis.

Kepala Dispendukc­apil Suharto Wardoyo mengatakan, penambahan stok blangko dilakukan dengan jemput bola. Pihaknya mengambil langsung ke Kementeria­n Dalam Negeri (Kemendagri). ”Langkah tersebut lebih efektif daripada menunggu kiriman dari pusat,” terangnya saat ditemui Jawa Pos kemarin (12/2).

Melalui jemput bola itu, pekan ini pemkot mendapatka­n 20 ribu blangko e-KTP lagi. Anang –sapaan akrab Suharto Wardoyo– menjelaska­n, upaya mendatangi kantor pusat di Jakarta tersebut akan dilakukan setiap bulan. Tujuannya, stok blangko di setiap kecamatan dan dispendukc­apil tidak kekurangan. ”Tanggal 21 nanti, kami pergi ke Jakarta lagi,” tuturnya.

Bagaimana kesiapan e-KTP? Anang menuturkan, saat ini jumlah penduduk yang telah menjalani perekaman e-KTP sudah banyak. Tercatat 97,68 persen dari data warga wajib ber-KTP yang mencapai 2,1 juta. Meski demikian, pencetakan e-KTP masih menghadapi kendala. Dia menyebutka­n, saat ini permasalah­annya ada pada mesin cetak. Di Surabaya, total mesin e-KTP men- capai 20 unit. Hanya 16 unit yang bisa digunakan.

Dua mesin berada di dispendukc­apil, sisanya tersebar di beberapa kecamatan. ”Jumlah kecamatan dan mesin pencetak tidak sebanding, maka dibuat sistem rayon,” terangnya.

Anang menyebutka­n, kebutuhan mesin cukup mendesak. Sebab, kecepatan mencetak tidak bisa maksimal.

 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? TAMBAH BLANGKO: Petugas melakukan pencetakan e-KTP.
DITE SURENDRA/JAWA POS TAMBAH BLANGKO: Petugas melakukan pencetakan e-KTP.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia