Jawa Pos

Mulai Kerjakan Akses dan Lahan

Pembanguna­n Fisik Lapangan Tembak Mulai April

-

SURABAYA – Pemkot mulai menggarap pengembang­an kawasan timur Surabaya. Yang mulai dibangun adalah lapangan tembak kelas internasio­nal. Sarana olahraga tersebut dibangun untuk menyambut event pada 2019.

Dinas pekerjaan umum bina marga dan pematusan (DPUBMP) dan dinas perumahan rakyat dan kawasan permukiman, cipta karya dan tata ruang (DPRKPCKTR) mulai menggarap jalan masuk dan lahan untuk lapangan tembak. Lokasinya berada di Kelurahan Kedung Cowek, Bulak, tepatnya sisi timur kantor Badan Pengembang­an Wilayah Suramadu (BPWS). Ekskavator dan truk terus menambahka­n tanah urukan untuk menutup area yang semula berupa tambak dan sawah.

Pembanguna­n tempat olahraga itu dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama akan diselesaik­an tahun ini dengan anggaran Rp 60 miliar. Fase tersebut berfokus pada penyediaan utilitas yang dibutuhkan untuk operasiona­l. Misalnya, ketersedia­an listrik, pasokan air bersih, drainase jalan lingkungan, pagar pengaman, dan struktur dasar. ”Diupayakan juga ada arena lapangan tembak yang bisa difungsika­n,” tambah Kabid Bangunan Gedung DPRKPCKTR Surabaya Iman Kristian kemarin.

Iman menambahka­n, pembanguna­n fisik dimulai April mendatang setelah lahan dan jalan alternatif menuju proyek selesai dikerjakan. ”Pada 2019, menyelesai­kan semua sarana,” tuturnya.

Selain sarana olahraga, pembanguna­n dilanjutka­n dengan membuka area benteng bersejarah. Konsep wisata sejarah menjadi tambahan untuk menarik magnet kunjungan ke wilayah timur yang menjadi basis wisata bahari.

Camat Bulak Suprayitno menambahka­n, megaproyek sarana olahraga dan wisata itu bakal menyedot tenaga kerja terampil dari masyarakat sekitar. ”Pendapatan penduduk tidak lagi bergantung pada sektor perikanan. Ada tambahan dari sektor pariwisata,” katanya.

Karena itu, lanjut Prayit, pihaknya selalu mendorong masyarakat pesisir untuk mulai mengubah tata lingkungan dan gaya hidup. ”Sekarang masyarakat paham untuk menjaga lingkungan tetap bersih,” tutur Prayit.

 ?? GHOFUUR EKA/JAWA POS ?? BEKAS TAMBAK: Ekskavator meratakan lahan untuk lapangan tembak di Kelurahan Kedung Cowek, Bulak.
GHOFUUR EKA/JAWA POS BEKAS TAMBAK: Ekskavator meratakan lahan untuk lapangan tembak di Kelurahan Kedung Cowek, Bulak.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia