Jawa Pos

Kelurahan Data Tanah dan Lengkapi Fasilitas

-

SURABAYA – Kecamatan dan kelurahan mulai melakukan persiapan untuk menyambut pembanguna­n Kebun Raya Mangrove di kawasan timur. Bentuknya mulai mendata kepemilika­n lahan dan melengkapi fasilitas.

Lurah Wonorejo, Rungkut, Esti Minarni mengatakan, pihaknya sudah mendata pemilik tanah yang terimbas. Hasilnya, ada 100 bidang. Data tersebut sudah diserahkan kepada pemkot. ’’Banyak lahan kosong dan tidak ada pemiliknya. Kebanyakan tambak,’’ katanya.

Esti menuturkan, sejatinya Ekowisata Mangrove Wonorejo sudah menjadi destinasi wisata yang banyak pengunjung. Bahkan, beberapa artis kenamaan pernah datang untuk kebutuhan syuting film atau sinetron. Hanya, perlu diperbaiki fasilitasn­ya. ’’Waktu kunjungan Pak Sekda (Hendro Gunawan, Red) Sabtu (10/2), juga ada beberapa rencana untuk dikembangk­an. Termasuk di gazebonya,’’ ujarnya.

Sementara itu, mangrove di daerah Kelurahan Kejawanput­ih Tambak terus dikembangk­an secara mandiri. Kondisinya yang masih asri dengan banyak ekosistem bakal menjadi destinasi wisata alam yang apik.

Kasi Kesra Kelurahan Kejawanput­ih Tambak Dwi Restyaning­sih mengatakan, pihaknya masih mengerjaka­n mangrove secara mandiri. Saat ini kelurahaan baru memiliki pelampung pengaman dari dinas perhubunga­n. Sedangkan perahu masih akan diusulkan di musrenbang 2018. ’’Yang kami lakukan penanaman mangrove di bantaran sungai. Tidak ada lahan yang dibebaskan. Hanya ada milik Pemprov Jatim,’’ tandasnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia