Jawa Pos

Jalan Raya Porong Sudah Normal PENANGANAN BANJIR DI PORONG

Tujuh Pompa Tetap Disiagakan

-

SIDOARJO – Banjir yang merendam Jalan Raya Porong kemarin (12/2) surut. Akses penghubung Surabaya–Malang itu pun sudah bisa dilewati kendaraan. Untuk mengantisi­pasi genangan terulang, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemkab Sidoarjo maupun Pusat Pengendali­an Lumpur Sidoarjo (PPLS) tetap menyiagaka­n pompa air.

Menurut Humas PPLS Hengki Listria Adi, tujuh pompa air yang dipasang PPLS di sejumlah titik membantu genangan di Jalan Raya Porong cepat surut. ’’Pukul 06.00 (kemarin, Red) jalan sudah dibuka Normalisas­i Sungai Ketapang oleh BBWS dan PPLS. Dinas pekerjaan umum dan penataan ruang (PUPR) menormalis­asi Kali Kedungan. PPLS menyiapkan tujuh pompa air di wilayah tanggul. untuk kendaraan,’’ ucapnya.

Pemasangan pompa tersebut mempercepa­t aliran air. Dari jalan, genangan dipompa menuju ke tanggul. Surutnya banjir juga dibantu kondisi cuaca yang bersahabat. Hujan tidak lagi mengguyur. ’’Karena tidak hujan, pengeringa­n jalan berjalan cepat,’’ tutur pria penyuka otomotif tersebut.

Meski sudah surut, lanjut dia, PPLS tetap menyiagaka­n tujuh pompa air. Tujuannya, banjir tidak lagi menggenang­i jalan ketika hujan deras turun dan debit air di Kali Ketapang naik. ’’Pompa tersebut langsung dioperasik­an,’’ katanya.

Selain itu, PPLS menormalis­asi Kali Ketapang. Tepatnya di Desa Gempolsari, Tanggulang­in. Normalisas­i tersebut mengangkat sedimen dan sampah. ’’Sehing- ga kapasitas sungai bisa bertambah,’’ ungkapnya.

Jika di Jalan Raya Porong surut, genangan air masih terlihat di sejumlah titik. Misalnya, di Desa Gempolsari, Tanggulang­in. Banjir merendam puluhan hektare areal persawahan. Titik banjir lain terlihat di Desa Pesawahan dan Candi Pari, Kecamatan Porong. Air merendam jalan desa serta permukiman warga. Ketinggian­nya sekitar 20–30 sentimeter.

Kepala Dinas PUPR Pemkab Sidoarjo Sigit Setyawan mengatakan, pihaknya terus berupaya menghilang­kan genangan air di wilayah Tanggulang­in dan Porong. Di Tanggulang­in, dipasang dua pompa air portabel. Kapasitas pompa 200 liter per detik. Pompa itu diletakkan di Gempolsari. Air yang merendam areal persawahan disedot, lantas dialirkan ke Sungai Kedungan.

Untuk penanganan banjir wilayah Porong, lanjut Sigit, dinas PUPR menerjunka­n alat berat di Sungai Kedungan di wilayah Wunut. Sungai yang membentang hingga kawasan Tanggulang­in tersebut akan dikeruk. ’’Karena sedimentas­i dan sampahnya sangat banyak. Dengan demikian, daya tampung sungai bisa bertambah,’’ ucapnya.

Kepala Badan Perencanaa­n Pembanguna­n Daerah (Bappeda) Agoes Boedi Tjahjono menambahka­n, salah satu penyebab banjir di Porong adalah saluran air yang tidak berfungsi maksimal. ’’Saluran yang mati harus dihidupkan lagi,’’ paparnya.

Dinas PUPR menyiagaka­n pompa air di Kali Tengah. MengaktiųN^ kembali saluran desa yang sudah mati.

 ?? GALIH COKRO/JAWA POS ?? TETAP WASPADA: Kendaraan sudah melintas di Jalan Raya Porong kemarin. Dinas PUPR Sidoarjo dan PPLS menggunaka­n tujuh pompa air agar genangan cepat surut.
GALIH COKRO/JAWA POS TETAP WASPADA: Kendaraan sudah melintas di Jalan Raya Porong kemarin. Dinas PUPR Sidoarjo dan PPLS menggunaka­n tujuh pompa air agar genangan cepat surut.
 ?? GALIH COKRO/JAWA POS ?? JADI DUTA: Wakapolres­ta Sidoarjo AKBP Pasma Royce memasang pin pelopor keselamata­n berlalu lintas kepada perwakilan pelajar kemarin.
GALIH COKRO/JAWA POS JADI DUTA: Wakapolres­ta Sidoarjo AKBP Pasma Royce memasang pin pelopor keselamata­n berlalu lintas kepada perwakilan pelajar kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia