Jawa Pos

Wedding Kiss Dikeliling­i Barongsai

Pernikahan yang Menyatukan Seni dan Tradisi

-

SURABAYA – Berhasil menyatukan seni dan tradisi. Itulah gambaran pernikahan Citra Satria Ongkowijoy­o dengan Yuanita Gondorejo. Pesta resepsi Citra dan Yuanita tersebut dihelat di ballroom Hotel Mercure Grand Mirama Minggu malam (11/2).

Kemeriahan pesta makin terasa saat sepuluh barongsai warna-warni turut mengiringi kedatangan kedua mempelai ke ”singgasana” mereka malam itu. Mempelai mengatur pestanya agar lebih intim. Penataan meja tamu pun dibuat round table.

Tamu yang hadir sekitar 300 orang. ”Kami memang mengingink­an intimate party. Supaya lebih terasa kekeluarga­annya,” ujar Yuanita usai pesta.

Sang pengantin memasuki ballroom dengan bergandeng­an tangan. Yuanita cantik dalam balutan ball gown, sedangkan Citra mengenakan setelan jas hitam.

Dua barongsai merah mengikuti dari belakang seakan menjaga mempelai. Empat barongsai lainnya berada di sepanjang jalur yang dilewati pengantin. Mereka sontak berdiri saat rombongan pengantin melewati koridor.

Barongsai dipilih sebagai pengiring pengantin karena filosofiny­a yang dalam bagi warga Tionghoa. Selain sebagai simbol pembawa keberuntun­gan, barongsai dipercaya bisa mengusir aura buruk. Tapi, lebih dari itu, ada memori pribadi antara mempelai pria dan barongsai.

”Saya dulu juga pemain barongsai,” ungkap Citra. Dan, yang dihadirkan dalam pernikahan­nya dengan Yunita adalah barongsai yang berasal dari kelompok Ksatria Lion & Dragon Dance Troupe, binaan Citra.

Bagi dia, barongsai bukan sekadar olahraga. Melainkan sudah jadi bagian dari tradisi keluarga yang mengakar. ”Karena itu, saya tidak mau meninggalk­an mereka dalam pesta saya,” tambah Citra.

Alhasil, prosesi wedding kiss yang menutup acara malam itu pun dilakukan bersama sepuluh barongsai yang mengelilin­gi Citra dan Yuanita yang berbahagia.

 ?? ANDRIANSYA­H/JAWA POS ?? GENAP: Sang pengantin, Citra Satria Ongkowijoy­o dan Yuanita Gondorejo, berada di tengah-tengah barongsai yang menjadi pengiring dalam pesta pernikahan keduanya.
ANDRIANSYA­H/JAWA POS GENAP: Sang pengantin, Citra Satria Ongkowijoy­o dan Yuanita Gondorejo, berada di tengah-tengah barongsai yang menjadi pengiring dalam pesta pernikahan keduanya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia