Jawa Pos

KDB Hanya Butuh Trofi

-

KALAU ada kandidat yang bisa menandingi Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, dan Neymar Jr di ajang Ballon d’Or, Kevin De Bruyne sepertinya layak ditempatka­n di urutan teratas. KDB –inisial De Bruyne– punya modal untuk bersaing dengan ketiganya, terutama dalam urusan kreator gol.

De Bruyne telah mencatat 77 assist di liga, baik di Bundesliga maupun Premier League. Sementara itu, Ronaldo baru mengirim 56 assist di La Liga. Messi? Dia hanya mencatat 76 assist. Itulah alasan pelatih City Pep Guardiola menyodorka­n nama De Bruyne untuk jagonya di Ballon d’Or tahun ini.

’’Tak diragukan lagi. Dia tak hanya melakukann­ya dalam satu laga, tetapi di sepanjang musim ini,’’ papar Guardiola dilansir Sky Sports. ’’Tiap tiga hari sekali dia bermain. Ingat, tiap tiga hari sekali,’’ ujarnya.

Tahun lalu, ketika Ronaldo yang jadi pemenang Ballon d’Or, nama De Bruyne juga sempat masuk 30 besar. Namun, pada tahap terakhir, nama gelandang timnas Belgia itu hanya menempati peringkat ke-14. Guardiola tahu mengapa nama De Bruyne belum bisa menyodok. Menurut mantan pelatih Messi tersebut, itu bukan hanya soal skill di lapangan. ’’Asal Anda tahu, untuk berada di sana (menang Ballon d’Or), Anda harus memenangi gelar, terutama gelar di Eropa yang lebih sulit (dibandingk­an trofi domestik),’’ tutur Guardiola.

Ya, De Bruyne hanya butuh trofi Eropa agar bisa memecahkan dominasi Ronaldo-Messi-Neymar untuk Ballon d’Or tahun ini. ’’Eropa? Tentu saja. Anda harus berada dalam tahap paling tinggi di sana (Liga Champions). Tanpa itu, Anda takkan diunggulka­n,’’ lanjutnya. Di City, De Bruyne baru meraih satu trofi, itu pun di ajang Piala Liga 2015–2016.

Kepada Manchester Evening News, De Bruyne menyebut Ballon d’Or bukan hal yang dia inginkan. ’’Saya hanya memberi apa pun bagi tim untuk memenangi gelar. Kalau soal itu (Ballon d’Or), itu hanya bonus,’’ ucap kreator assist terbanyak Premier League musim lalu tersebut.

 ?? JASON CAIRNDUFF/REUTERS ?? LAYAK KANDIDAT: Kevin De Bruyne di Manchester kemarin.
JASON CAIRNDUFF/REUTERS LAYAK KANDIDAT: Kevin De Bruyne di Manchester kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia