Jawa Pos

22 Paslon Tak Lolos, 3 Daerah Mundur

Untuk Gantikan PNS yang Pensiun

-

HINGGA kemarin, finalisasi jumlah paslon yang akan bertarung dalam pilkada serentak 2018 belum bisa dilakukan

SURABAYA – Pemkot masih menanti lampu hijau dari pemerintah pusat untuk membuka seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS). Jika direstui, seleksi tersebut akan dilaksanak­an pada Mei. Penerimaan CPNS mendatang diutamakan untuk menggantik­an kursi kosong yang ditinggalk­an PNS yang telah pensiun.

Wali Kota Tri Rismaharin­i menjelaska­n, pemkot sudah mengajukan 513 kuota CPNS tahun ini. ”Sebanyak 50 persen lebih adalah guru,” jelasnya di ruang kerja wali kota kemarin (13/2).

Jumlah guru terbilang cukup cepat menyusut dari tahun ke tahun, terutama karena pensiun. Padahal, jumlah sekolah di Su-

rabaya bertambah. Untuk sementara, di sebagian sekolah diperbantu­kan tenaga honorer.

Meski sudah mengajukan kuota CPNS sejak akhir tahun lalu, Risma menyatakan belum mendapat kepastian dari pemerintah pusat. ”Belum ada jawaban,” terang Risma singkat. Kementeria­n Pen- dayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB) masih mengkaji kebutuhan PNS anyar untuk Surabaya.

Risma mengimbau agar warga yang ingin mendaftar tidak khawatir. Mengingat moratorium sudah berlangsun­g beberapa tahun, seleksi CPNS bakal dibuka kembali tahun ini untuk memenuhi kekurangan pegawai sejak 2015. ”Nanti diumumkan secara terbuka. Jadi, masyarakat langsung tahu,” jelasnya.

Rekrutmen, lanjut dia, juga akan dilakukan lewat sistem online untuk meminimalk­an kecurangan. Sejauh ini, seleksi CPNS di berbagai tingkat pemerintah­an dilakukan dengan sistem computer assisted test (CAT) dan akan diterapkan pula di Surabaya. Tujuannya mengetahui secara lebih detail kompetensi pelamar yang sesuai dengan posisi yang dibutuhkan. ”Semua pakai sistem online

sekarang,” imbuhnya. Lebih lanjut, Kepala Badan Kepegawaia­n Daerah (BKD) Surabaya Mia Santi Dewi menjabarka­n komposisi CPNS yang dibutuhkan. Di antara 513 kuota itu, 344 diisi oleh tenaga pendidik. ”Sisanya, tenaga kesehatan 49 orang dan tenaga teknis 120 orang,” urainya kemarin. Penerimaan CPNS kali ini mengutamak­an pengisian slot

PNS yang kosong. Sejatinya, slot

PNS yang kosong itu lebih banyak daripada formasi yang akan diterima. Hingga awal 2018, ada 638 PNS yang pensiun. Mayoritas guru. Mia menjelaska­n, biasanya setiap bulan ada sekitar 50 PNS yang purnatugas. ”Januari kemarin ada 55 yang pensiun,” terangnya.

Sebanyak 50 persen lebih adalah guru.”

TRI RISMAHARIN­I Wali Kota Surabaya

 ?? RIANA SETIAWAN/RADAR BANDUNG/JPG ?? SESUAI NOMOR URUT: Dari kiri, pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum, TB Hasanuddin-Anton Charliyan, Sudrajat-Syaikhu, dan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi di Youth Center Sport Jabar Arcamanik, Jalan Pacuan Kuda, Kota Bandung, kemarin.
RIANA SETIAWAN/RADAR BANDUNG/JPG SESUAI NOMOR URUT: Dari kiri, pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum, TB Hasanuddin-Anton Charliyan, Sudrajat-Syaikhu, dan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi di Youth Center Sport Jabar Arcamanik, Jalan Pacuan Kuda, Kota Bandung, kemarin.
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia