Jawa Pos

Golkar Yakin Duet DM Bisa Salip Rindu

-

JAKARTA – Hasil survei Cyrus Network yang menempatka­n Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) dan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi (Duet DM) pada posisi teratas memunculka­n optimisme dari dua kubu. Partai Golkar yang mengusung Duet DM yakin jagonya bisa menyalip elektabili­tas Rindu yang unggul hanya sekitar 5 persen.

Ketua Bidang Media dan Penggalang­an Opini Partai Golkar Tubagus Ace Hasan Syadzily mengungkap­kan, survei Cyrus menempatka­n pasangan Rindu meraih elektabili­tas tertinggi dengan 45,9 persen, disusul Duet DM dengan 40,9 persen. Ace menilai, dengan sisa waktu yang ada, Duet DM bisa memenangka­n pilgub Jabar. ’’Tren Pak Dedi dan Dedi makin menanjak karena mereka saling melengkapi,’’ ujar Ace kepada Jawa Pos kemarin.

Ace mengklaim, tren di pilgub Jabar menunjukka­n, calon paling populer justru kandas di saat akhir pemilihan. Hal itu terjadi pada dua pilgub sebelumnya. Pada Pilgub 2008, Agum Gumelar yang sempat memiliki elektabili­tas tertinggi ternyata dikalahkan Ahmad Heryawan. Lalu, pada Pilgub 2013, Dede Yusuf yang dinilai paling populer juga dikalahkan Aher. ’’Karena itu, kami optimistis bisa mengulangi kecenderun­gan yang sama,’’ kata anggota Komisi II DPR itu.

Untuk memenangka­n Duet DM, kata Ace, tentu ada strategi khusus. Ace menolak membeberka­n secara terperinci karena sifatnya rahasia. Yang pasti, lanjut dia, Partai Golkar membagi upaya pemenangan berdasar basis demografi masyarakat Jabar. ’’Setiap demografi di Jabar kan pendekatan­nya harus berbeda,’’ ucapnya.

Untuk wilayah Jabar yang berdekatan dengan Jakarta, ditempatka­n tim pemenangan pemilu yang paham karakter wilayah itu. ’’Kami ingin mendorong pendekatan terhadap subkultur di Jawa Barat ini dilakukan secara lebih komprehens­if dan teliti,’’ ujarnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia