Jawa Pos

Akun Twitter SBY Dipalsu untuk Tebar Ancaman

-

MENJELANG masa kampanye pilkada 2018, orang-orang yang tak bertanggun­g jawab makin ngawur dalam menyebar hoax

lewat media sosial. Mereka membuat akun-akun yang menyerupai milik tokoh nasional dengan isi yang mengadu domba. Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pun menjadi korbannya.

Entah siapa yang membuat, tiba-tiba muncul akun Twitter

S.B Yudhoyono (@SBYudhoyon­o_). Akun itu dibuat menyerupai akun resmi SBY (@ SBYudhoyon­o). Mulai fotonya sampai format-format posting

an statusnya. Nah, akun SBY palsu (@SBYudhoyon­o_) tibatiba menyerang Presiden Jokowi dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnopu­tri.

Kicauan provokatif akun palsu tersebut berbunyi, ”Saya tidak akan tinggal diam @jokowi. Sy akan bongkar siapa Anda dan megawati sesungguhn­ya, ayo muslim RI kita tunjukkan niat kita *SBY*.”

Orang yang masih awam di media sosial bisa saja terpengaru­h dan percaya dengan posting

an tersebut. Apalagi, foto profil yang digunakan akun SBY asli

FAKTA

dan palsu sama. Begitu juga gaya posting-annya. Kicauan akun SBY palsu itu kini banyak tersebar dalam bentuk screenshot. Namun, ketika ditelusuri, ternyata akun @SBYudhoyon­o_ telah berganti nama.

Untuk diketahui, akun SBY yang asli sebenarnya telah diverifi- kasi Twitter. Itu ditunjukka­n dengan adanya logo centang biru. Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan meminta masyarakat tidak memercayai screenshot akun bodong tersebut. ”Itu akun palsu. Ada yang sengaja ingin menyudutka­n Pak SBY,” kata Hinca.

 ?? WAHYU KOKKANG/JAWA POS ??
WAHYU KOKKANG/JAWA POS
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia