Jawa Pos

Segmen Menengah Paling Potensial

-

SURABAYA – Pasar smartphone segmen menengah diyakini para pelaku bisnis masih sangat potensial. Berdasar data Internatio­nal Data Corporatio­n (IDC), pada kuartal III 2017, ponsel kelas menengah dengan harga Rp 2 juta–Rp 4 juta berkontrib­usi 32 persen dari total volume penjualan gawai di Indonesia.

Owner Apollo Gadget Store Irwan Harianto mengatakan, tahun ini pihaknya memproyeks­ikan penjualan gawai bisa tumbuh di angka 10 persen. ’’Pertumbuha­n tersebut hampir sama dengan tahun lalu karena situasi ekonomi yang masih lesu. Awal tahun ini saja penjualan masih kurang baik. Hanya tumbuh sekitar 3 persen,’’ tuturnya.

Kondisi itu dinilai wajar dan sudah menjadi siklus tahunan. Penjualan diperkirak­an mulai meningkat kembali menjelang Lebaran dan perayaan Natal serta tahun baru. ’’Gawai yang paling banyak diminati konsumen memang di harga Rp 2 juta–Rp 3 juta atau middle. Segmen menengah tersebut memberikan kontribusi yang cukup signifikan terhadap penjualan, yakni sekitar 50 persen,” ungkapnya.

Penjualan gawai hingga saat ini masih didominasi brand Samsung sebesar 50 persen. Disusul Oppo, Advan, dan Lenovo.

Menurut Irwan, ponsel-ponsel dari Tiongkok diminati masyarakat karena spesifikas­inya yang baik. ’’Karakter masyarakat Surabaya atau Jatim saat ini tidak begitu peduli dengan yang branded. Yang penting spesifikas­inya bagus akan dibeli,’’ ujar Irwan.

Alasan lain smartphone kelas menengah sangat digemari masyarakat adalah pemberian fitur ekstra seperti kamera ganda, di bagian depan dan belakang. Juga kapasitas memori yang lebih besar yang sebenarnya berada di kelas atas, namun kini perlahan ditambahka­n ke smartphone­kelasmenen­gahdenganh­arga yang terjangkau.

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? BERAGAM MEREK: WTC Surabaya menjadi salah satu jujukan konsumen membeli handphone.
FRIZAL/JAWA POS BERAGAM MEREK: WTC Surabaya menjadi salah satu jujukan konsumen membeli handphone.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia