Jawa Pos

Berkali-kali Ditegur Reza

Debut Film Delia Husein

-

JAKARTA – Impian Delia Husein, 19, bera dua kting dengan idolanya menjadi kenyataan. Mahasiswi Fakultas Hukum Universita­s Trisakti itu terpilih sebagai aktris utama dalam Be nya mi n Biang Kerok. Dalam film yang terinspira­si film Biang

Kerok itu, dia mendapat peran sebagai Ai da, love interes t Pengki yang di peran kan aktor Reza Rahadian. ’Dia (Reza, Red) idola saya. Saya selalu setia non ton film nya ,’ kata Delia.

Rupanya, bukan cuma Reza yang diidolakan Delia. Penghobi yoga itu ternyata juga suka menonton film-film Benyamin Sueb, komedian legendaris pemeran Pengki di Biang Kerok versi orisinal. Delia memang asli Betawi. Maka, dia akrab dengan budaya Betawi. ’’Teman-teman seusia saya agak asing dengan Bang Ben. Tapi, saya kagum banget sama beliau,’’ ujar Delia. Sebagai bahan riset, Delia menonton beberapa film Benyamin. Misalnya

Biang Kerok dan Tarsan Kota. Juga, mendengark­an lagu-lagu komedian yang meninggal pada September 1995 tersebut.

Namun, saat syuting Benyamin Biang Kerok, tantangan tersulit bukanlah akting. Menurut Delia, sebagai pendatang baru, dirinya harus beradaptas­i dengan banyak pemeran senior. Selain Reza, Delia harus beradu peran dengan Rano Karno, Meriam Bellina, dan Lydia Kandou. Tentu dia sempat gugup. Semua lawan mainnya punya nama besar. Namun, ternyata semua orang sangat baik kepadanya. Saat reading, mereka selalu memotivasi Delia. Kata mereka, Delia harus berakting dengan jujur alias tidak dibuat-buat. Semuanya harus berjalan natural. Nasihat itu terus dipegang Delia.

Saat syuting dengan Reza, Delia mengungkap­kan, aktor yang sudah bermain di lebih dari 40 judul film itu selalu bersikap tegas dan keras. Misalnya saat adegan ketika Delia harus melakukan

eye contact dengan Reza. ’’Pas itu aku masih grogi dan malu karena harus sedekat ini sama idola,’’ katanya. Akting Delia pun canggung.

Melihat hal itu, Reza langsung menegurnya. ’’Kata Kak Reza, ’Gimana kamu bisa akting jadi love interest aku kalau masih grogi’. Ngomongnya tegas banget,’’ ujar Delia. Reza juga beberapa kali memberikan masukan agar Delia lebih bisa emosional ketika berakting.

Walau demikian, Delia menambahka­n bahwa Reza bisa jadi sangat mengayomi. Misalnya saat adegan ketika dia dan Reza harus tampak bergembira. Saat itu, karena situasi lokasi syuting yang panas, Delia jadi kurang bisa berekspres­i senang. Reza lantas meminta untuk membayangk­an hal yang disukai Delia. Cara itu berhasil.

Reza mengakui bakat akting Delia. Walau harus beberapa kali ditegur, dia menilai bahwa Delia memulai debut film dengan baik. ’’Saya senang ada aktris pendatang baru yang mau belajar seperti dia,’’ kata Reza. Selain berakting, Delia harus menyanyi dan menari di Benyamin Biang Kerok.

Dia tidak sulit melakukan keduanya. Sebab, dia memang hobi menyanyi dan menari sejak kecil.

Benyamin Biang Kerok akan tayang pada 1 Maret mendatang. Falcon Pictures telah menyiapkan sekuelnya,

Biang Kerok Beruntung. Proses syutingnya sudah dilakukan bersamaan dengan film pertama. Kalau ada film yang diangkat dari film Benyamin lagi, Delia tak ragu untuk kembali terlibat. ’’Saya bangga bisa ikut memperkena­lkan budaya Betawi dan Bang Ben ke generasi milenial,’’ katanya ceria.

 ?? IMAM HUSEIN/JAWA POS ?? BERSAMA IDOLA: Delia Husein (kiri) awalnya sangat nervous ketika harus beradu akting dengan aktor favoritnya, Reza Rahadian.
IMAM HUSEIN/JAWA POS BERSAMA IDOLA: Delia Husein (kiri) awalnya sangat nervous ketika harus beradu akting dengan aktor favoritnya, Reza Rahadian.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia